RAPBD 2023 Pemkab Konsel Diproyeksi Rp 1,7 Triliun

  • Bagikan
Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga (ketiga dari kiri) ketika menyerahkan RAPBD 2023 kepada Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo (tengah), kemarin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebentar lagi akan memasuki tahun anggaran 2023. Sesuai mekanisme, Pemerintah Daerah mulai merancang kebijakan serta termaktub dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD). Tak terkecuali di Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), eksekutif dan legislatif bersama menuntaskan rancangan APBD tahun 2023. Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, mengatakan, arah kebijakan dalam RAPBD tahun 2023 sesuai arah RPJMD. Kemudian konsen pada penurunan kemiskinan, stunting, perlindungan sosial seperti bantuan sosial, ketahanan pangan daerah dan peningkatan infrastruktur daerah.

"Untuk arah kebijakan belanja memperhatikan pendanaan yang bersifat wajib seperti yang ditetapkan dalam peraturan perundang-undangan oleh Pemerintah Pusat," kata Surunuddin saat rapat paripurna DPRD Konsel, Senin (17/10). Rapat tersebut beragendakan penyerahan rancangan anggaran pendapatan dan belanja daerah (RAPBD) Konsel tahun 2023.

Pada kesempatan itu, Surunuddin Dangga menguraikan, dokumen rancangan APBD tahun anggaran 2023. Pendapatan diproyeksi sebesar Rp 1,5 triliun terdiri dari PAD Rp 102,4 miliar serta pendapatan transfer daerah dan dana desa mencapai Rp 1,4 triliun.

Sedangkan untuk pembiayaan sebesar Rp 189,9 miliar berasal dari penerimaan pembiayaan Silpa tahun sebelumnya, dan pengeluaran pembiayaan penyertaan modal pada Bank Daerah. Sehingga total rancangan APBD Konsel untuk tahun 2023 sebesar Rp 1,7 triliun. "Rancangan APBD ini selanjutnya menjadi bahan pembahasan antara Tim Anggaran Pemerintah Kabupaten dan Badan Anggaran DPRD Konsel untuk disepakati bersama serta akan dievaluasi Pemerintah Provinsi Sulawesi Tenggara sebelum ditetapkan menjadi Peraturan Daerah Kabupaten Konsel," terangnya.

Sementara itu Ketua DPRD Konsel, Irham Kalenggo, menegaskan komitmennya untuk mematuhi peraturan perundang-undangan. DPRD bersama Pemkab akan membahas rancangan APBD tahun 2023 untuk mencapai tujuan bersama. "Kita masih memiliki waktu yang panjang untuk melakukan pembahasan. Karena deadline 30 November. Insya Allah pertengahan November sudah tuntas," janji Politikus Partai Golkar tersebut. Secara garis besar Irham menilai, rancangan APBD 2023 telah sesuai arah RPJMD Konsel dan kebijakan strategis Pemerintah Pusat.

"Konsel tentunya komitmen mendukung ketahanan pangan dan peningkatan ekonomi berbasis pedesaan. Seperti memberikan bantuan dibidang pertanian, perikanan, UMKM dan banyak lagi untuk mendorong produktivitas masyarakat," jelasnya. Irham menyebut, arah kebijakan Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga sangat jelas. Berupaya semaksimal mungkin menindaklanjuti kebijakan Pemerintah Pusat dan sesuai yang dibutuhkan masyarakat. (b/ndi)

  • Bagikan