Maksimalkan Serapan, Optimalkan Kinerja !

  • Bagikan
Tersisa tiga bulan ke depan setiap Kepala OPD diminta secepatnya menyesuaikan jika APBD-P sudah ditetapkan. Dengan waktu yang tersisa, diharapkan masih mampu memaksimalkan serapan anggaran sampai pada level 90 persen

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Memasuki bulan September tahun ini, realisasi anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) tahun 2022 di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kolaka Timur (Koltim) tercatat baru berkisar 49,05 persen.

Untuk memacu peningkatan serapan tersebut, Sekretaris Kabupaten (Sekab) Koltim, Andi Muh. Iqbal Tongasa mengimbau agar kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) supaya memaksimalkan kinerja dan realisasi kegiatan. Andi Muh. Iqbal Tongasa menyampaikan, posisi serapan anggaran per 29 Agustus sebesar 49,05 persen atau Rp. 363.973.768.419 miliar. “Peran kepala OPD untuk meningkatkan serapan anggaran sangat penting, terutama dalam percepatan program, pelaksanaan sampai pengawasannya,” katanya, Rabu (7/9).

Ia berharap, tersisa tiga bulan ke depan setiap kepala Dinas, Badan dan Bagian supaya secepatnya menyesuaikan jika anggaran pendapatan belanja daerah perubahan (APBD-P) sudah ditetapkan. Andi Iqbal optimis, waktu yang tersisa Pemkab masih mampu memaksimalkan serapan anggaran sampai pada level 90 persen. “Setiap OPD supaya bisa memperhatikan waktu yang tersisa agar maksimal bekerja. Saya optimis tiga bulan ke depan bisa naik serapan anggarannya. Fluktuatif seiring pergerakan pekerjaan fisik,” tutup Andi Muh. Iqbal Tongasa. (c/kus)

  • Bagikan