MEMBIDIK LEVEL TINGGI
PEKAN PRODUK EKRAF
-Pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) bertebaran di seantero Sultra
-Karya-karya mereka tak kalah saing dengan produk-produk nasional
-Mereka tetap bertahan di tengah terjangan pandemi Covid-19
-Dinas Pariwisata Sultra selalu hadir mendampingi
-Salah satunya melalui pekan produk unggulan ekonomi kreatif 2022
-Kegiatan itu menjadi kebangkitan Ekraf Sultra ke jenjang lebih tinggi
-Jenjang lebih tinggi itu adalah level nasional dan internasional
-Pj.Sekda Sultra berharap produk Ekraf Sultra merambah pasar nasional dan global
-Mediumnya melalui platform digital dan media massa
TUJUAN
-Pekan produk unggulan ekonomi kreatif (Ekraf) punya tujuan positif bagi pelaku UMKM
-Diantaranya, menumbuhkan dan mempromosikan produk Ekraf darri 17 kab/kota
-Tujuan lainnya, Pemprov mendorong pelaku Ekraf merambah ekosistem digital atau go onlin
-Sehingga pelaku ekraf di Sultra semakin berkembang dan maju
-Dan dapat bersaing di kancah nasional, bahkan internasional
KARYA EKRAF KOMPETITIF
-Karya-karya pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) dikemas menarik dan kompetitif
-Kemasan produk sampai kualitas cita rasa kulinernya diunggulkan
-Keunggulan itu, modal dasar merambah level lebih tinggi, nasional dan internasional
-Pemprov mengapresiasi inisiatif pelaku Ekraf di Sultra yang mendirikan unit usaha potensial
-Sultra memiliki potensi besar dalam pengembangan Ekraf
-Sebab, memiliki ciri khas yang dipengaruhi perkembangan seni, budaya, tradisi dan kearifan lokal
-Keragaman ciri khas potensi Ekraf itu bernilai jual tinggi
-Dan mendukung pengembangan pariwisata dan Ekraf di Sultra
SUB SEKTOR EKRAF SULTRA
-Kriya
-Kuliner
-Fashion
-Fotografi
-Desain Produk
-Arsitektur
-Seni Pertunjukan
-Film Animasi dan Video
-Game
-Percetakan
-TV dan Radio
-Desain Interior
-Seni Rupa
-Musik
-Periklanan
PERAN MEDIA MASSA
-Pj.Sekda Sultra mengakui, media massa berperan mengembangkan Ekraf Sultra
-Media massa itu termasuk Harian Kendari Pos
-Bagi Pj.Sekda, media massa adalah salah satu pelopor kemajuan UMKM
-Media massa berperan dalam promosi produk Ekraf
-Sehingga masyarakat Indonesia tahu tanpa harus ke Sultra
-Sajian informasi media massa potensi Sultra bersaing secara global
SUMBER : PEMPROV SULTRA
DATA DIOLAH KENDARI POS