Dispar Gelar Pekan Produk Unggulan Ekraf 2022

  • Bagikan
Pj.Sekretaris Daerah Sultra Asrun Lio (dua dari kanan), Kepala Kanwil Kemenkumham Sultra Silvester Sili Laba (dua dari kiri) dan Direktur Kendari Pos Irwan Zainuddin (kanan), dalam kegiatan Pekan Produk Unggulan Ekonomi Kreatif Sultra 2022, di Hotel Claro, Rabu (7/9), kemarin.

MEMBIDIK LEVEL TINGGI

PEKAN PRODUK EKRAF
-Pelaku Ekonomi Kreatif (Ekraf) bertebaran di seantero Sultra
-Karya-karya mereka tak kalah saing dengan produk-produk nasional
-Mereka tetap bertahan di tengah terjangan pandemi Covid-19
-Dinas Pariwisata Sultra selalu hadir mendampingi
-Salah satunya melalui pekan produk unggulan ekonomi kreatif 2022
-Kegiatan itu menjadi kebangkitan Ekraf Sultra ke jenjang lebih tinggi
-Jenjang lebih tinggi itu adalah level nasional dan internasional
-Pj.Sekda Sultra berharap produk Ekraf Sultra merambah pasar nasional dan global
-Mediumnya melalui platform digital dan media massa

TUJUAN
-Pekan produk unggulan ekonomi kreatif (Ekraf) punya tujuan positif bagi pelaku UMKM
-Diantaranya, menumbuhkan dan mempromosikan produk Ekraf darri 17 kab/kota
-Tujuan lainnya, Pemprov mendorong pelaku Ekraf merambah ekosistem digital atau go onlin
-Sehingga pelaku ekraf di Sultra semakin berkembang dan maju
-Dan dapat bersaing di kancah nasional, bahkan internasional

KARYA EKRAF KOMPETITIF
-Karya-karya pelaku ekonomi kreatif (Ekraf) dikemas menarik dan kompetitif
-Kemasan produk sampai kualitas cita rasa kulinernya diunggulkan
-Keunggulan itu, modal dasar merambah level lebih tinggi, nasional dan internasional
-Pemprov mengapresiasi inisiatif pelaku Ekraf di Sultra yang mendirikan unit usaha potensial
-Sultra memiliki potensi besar dalam pengembangan Ekraf
-Sebab, memiliki ciri khas yang dipengaruhi perkembangan seni, budaya, tradisi dan kearifan lokal
-Keragaman ciri khas potensi Ekraf itu bernilai jual tinggi
-Dan mendukung pengembangan pariwisata dan Ekraf di Sultra

SUB SEKTOR EKRAF SULTRA
-Kriya
-Kuliner
-Fashion
-Fotografi
-Desain Produk
-Arsitektur
-Seni Pertunjukan
-Film Animasi dan Video
-Game
-Percetakan
-TV dan Radio
-Desain Interior
-Seni Rupa
-Musik
-Periklanan

PERAN MEDIA MASSA
-Pj.Sekda Sultra mengakui, media massa berperan mengembangkan Ekraf Sultra
-Media massa itu termasuk Harian Kendari Pos
-Bagi Pj.Sekda, media massa adalah salah satu pelopor kemajuan UMKM
-Media massa berperan dalam promosi produk Ekraf
-Sehingga masyarakat Indonesia tahu tanpa harus ke Sultra
-Sajian informasi media massa potensi Sultra bersaing secara global

SUMBER : PEMPROV SULTRA
DATA DIOLAH KENDARI POS

  • Bagikan