Masa Tunggu Haji Capai 25 Tahun

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari mengimbau masyarakat yang berniat berhaji untuk segera mendafarkan diri. Pasalnya, daftar tunggu haji Kota Kendari sudah mencapai 11 ribu orang atau masa tunggu 25 tahun.

Kepala Seksi Penyelenggara Haji dan Umrah Kantor Kemenag Kendari Sunardin mengatakan masyarakat yang ingin berhaji sebaiknya segera mendaftarkan dirinya pada panitia penyelenggara haji. Bahkan jika perlu masyarakat yang anak ini dinerangkatkan berhaji untuk didaftarkan sejak usia dini.

"Masa tunggu haji di Sultra dan Kota Kendari itu sudah mencapai 25 tahun. Jadi jika memiliki anak usia 12 tahun dan daftarkan berhaji, artinya tepat dia berusia 37 tahun itu sudah bisa berhaji. Ini sangat baik, karena usianya masih muda, masih kuat untuk melaksanakan seluruh rangkaian haji di tanah suci," ungkap Sunardin kemarin.

Sunardin tak menampik jika selama ini masih banyak masyarakat yang ingin berhaji namun tidak menyadari jika usianya sudah tidak muda bahkan sudah tergolong lanjut usia (lansia). Kondisi ini tentunya akan menyulitkan calon jemaah karena kondisi fisik yang sudah menurun dan akan menghadapi kondisi cuaca di Arab Saudi yang terik.

"Jangan nanti sudah renta baru mau daftar haji. Kalau sehat maka kita bisa melaksanakan seluruh rangkaian haji. Agar haji kita sempurna," kata Sunardin.

Menurutnya, ada tiga kemampuan yang harus dimiliki jemaah calon haji. Pertama harus memiliki kemampuan materi, karena haji biayanya besar. Kedua harus memiliki kemampuan dari sisi kesehatan, maksudnya jemaah harus sehat fisik maupun mental dan ketiga pengetahuan. "Maksudnya jemaah aman seluruh aspek diantaranya aman finansial dan kesehatan," pungkasnya. (b/ags)

Calon Haji Kota Kendari
-Daftar Tunggu 11 Ribu Orang
-Estimasi dengan Kouta 25 Tahun
-Kemenag Minta Daftar Sejak Belia

Pemberangkatan Haji
2020-2021 Ditunda
2022 298 Orang

  • Bagikan