Cegah Banjir di Lakapera, Tiga Dueker Dibangun

  • Bagikan
Dandim 1413/Buton, Letkol Muhamad Faozan memantau pembangunan dueker di Desa Lakapera, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah, Minggu (31/7).

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Desa Lakapera, Kecamatan Gu, Kabupaten Buton Tengah (Buteng) kerap terendam banjir saat musim penghujan. Karena itu, desa yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Muna ini dibangunkan tiga dueker, program TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) tahun 2022

"Pembangunan dueker untuk meningkatan kualitas fungsi jalan khususnya saat menghadapi curah hujan yang tinggi. Mengantisipasi terjadinya banjir atau genangan air yang tidak perlu. Hal ini sinkron dengan keinginan masyarakat Desa Lakapera dan sekitarnya,” ujar Dandim 1413/Buton, Letkol Muhamad Faozan saat memantau pembangunan dueker di Desa Lakapera, Minggu (31/7).

Pengerjaan dueker tersebut melibatkan satu regu TNI dan masyarakat setempat. Pihaknya menargetkan kegiatan dapat selesai dalam tujuh hari dari agenda awal sepuluh hari. Untuk mencapai target, perwira dengan lambang dua bunga melati emas itu mengharapkan adanya dukungan aparat pemerintah setempat, agar mau bergotong royong dalam melaksanakan pembangunan.

Pihaknya juga menampung aspirasi masyarakat Desa Lakapera yang membutuhkan sarana lain seperti MCK (mandi-cuci-kakus). Jika memungkinkan, kedepannya akan ditambah beberapa MCK di daerah ini. Termasujk pembukaan dan pengerasan jalan di Desa Matawine, pembangunan MCK (Mandi-Cuci-Kakus) di Desa Walando, serta pembangunan rumah tidak layak huni yang tengah berlangsung.

“Nanti kegiatan non fisiknya kita menyesuaikan dengan waktu,” pungkasnya.

Sementara itu, Pj Bupati Buteng, Muhammad Yusup mengapresiasi kerja-kerja TNI yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan masyarakat. Menurutnya, pembangunan dueker di Desa Lakapera sudah tepat dilakukan mengingat daerah ini menjadi langganan banjir pada setiap musim penghujan.

Ia berharap kegiatan TMMD dapat mewujudkan kemanunggalan antara TNI, Pemda, dan masyarakat setempat sehingga mempererat persatuan dan kesatuan dalam membangun daerah.

“Kerja-kerja dalam TMMD ini saya kira sangat membantu pemerintah untuk mengakses apa yang menjadi kebutuhan riil masyarakat,” ujar Pj Bupati, Muhammad Yusup. (uli/b)

  • Bagikan