Bayi Baru Lahir Langsung Miliki Akte dan KIA

  • Bagikan
ISWANTO DONGGE


-Gandeng Faskes, Hadirkan Layanan Three In One

KENDARINEWS.COM -- Tak ada lagi alasan bagi warga metro tidak memiliki data kependudukan. Berbagai upaya telah dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) membenahi layanan administrasi kependudukan (adminduk). Tidak hanya melalui aplikasi berbasis online, namun juga upaya jemput bola. Salah satunya mempermudah layanan adminduk bayi yang baru dilahirkan.

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Kendari Iswanto Dongge mengatakan terus berusaha menghadirkan pelayanan terbaik kepada masyarakat. Diantaranya melalui program pelayanan three in one (3 in 1) bagi ibu yang melahirkan di puskesmas atau rumah sakit (RS).

"Kenapa dikatakan 3 in 1? Karena ada tiga dokumen kependudukan sekaligus yang diperoleh bayi dan keluarga yakni Kartu Keluarga (KK) baru, akta kelahiran dan kartu identitas anak (KIA). Jadi, masyarakat tak perlu lagi harus mengurus ke kantor Disdukcapil," jelasnya kemarin.

Saat ini, pihaknya telah menjalin kerjasama dengan fasilitas kesehatan (faskes) seperti RS dan Puskesmas. Jika ada ibu yang melahirkan, faskes akan meminta berkas-berkasnya seperti KK, KTP dan surat keterangan lahir. Datanya langsung disetor ke Disdukcapil untuk diproses pembuatan dokumennya.

"Jadi, pada saat ibu melahirkan dokumennya pun sudah ada. Nantinya, dokumennya akan diberikan pihak RS, puskesmas atau klinik bersalin. Sejauh ini, kita telah menggandeng 15 faskes. Yang menarik, pengurusan dokumen tidak menggunakan biayanya apapun alias gratis," jelasnya.

Program jemput bola ini kata dia, bagi dari upaya menggenjot kepemilikan data kependudukan. Di sisi lain, layanan 3 in 1 ini juga bagian dari peningkatan keakurasian data kependudukan sekaligus mengejar target nasional.

"Lewat program ini, bayi yang baru lahir di Kota Kendari langsung tercatat sebagai penduduk Indonesia, karena langsung memiliki dokumen yang lengkap. Dengan program tersebut, masyarakat lebih antusias dalam mendukung Disdukcapil dalam target nasional," harapnya. (b/win)

Layanan Three In One

  1. Bagi Keluarga yang Memiliki Anggota Baru (Melahirkan)
  2. Dukcapil Kerjasama dengan 15 Faskes
    3.Pengurusan Administrasi Kependudukan
    -Kartu Keluarga Baru
    -Akte Kelahiran
    -Kartu Identitas Anak (KIA)
  3. Beri Kemudahan Warga Mengurus Adminduk
  4. Pengurusannya Tak Dikenakan Biaya atau Gratis

Tahapannya
-Keluarga Diminta Siapkan Dokumen
-Petugas Faskes Verifikasi dan Ajukan ke Capil
-Dokumen yang Lengkap Langsung Diproses
-Bayi Lahir Tiga Dokumen Adminduk Diserahkan

  • Bagikan