Tafdil “Royal” untuk Urusan Masyarakat

  • Bagikan
Bupati Bombana, Tafdil


--"Perhitungan" Jika Urusan Pemerintahan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- 22 Agustus 2022, Bupati Bombana Tafdil akan mengakhiri masa tugasnya. Dua periode memimpin Kabupaten Bombana, sederet karya pembangunan dipersembahkan Bupati Tafdil. Beragam terobosan ditempuhnya guna membangun daerah dan meningkatkan kesejahteraan warga Bombana. Bupati Tafdil membangun daerah dengan berlandaskan pada prinsip demi kepentingan masyarakat Bombana.

Sebut saja, layanan pendidikan, infrastruktur hingga kesehatan. Prinsip demi kepentingan masyarakat menjadi selalu menjadi patron utama arah pembangunan dan kebijakan yang diambil Bupati Tafdil. Di berbagai kesempatan, Bupati Bombana dua periode itu kerap menegaskan bahwa terkait urusan melayani masyarakat ia akan menjadi sangat peduli.

Bahkan, ia "royal" menggelontorkan anggaran dalam jumlah cukup besar asalkan berkaitan dengan kepentingan kesejahteraan masyarakat Bombana. Baginya Bupati Tafdil, anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) harus berpihak pada kepentingan rakyat Bombana secara menyeluruh. Namun, Bupati Tafdil mengaku bakal menjadi sedikit "pelit dan perhitungan" apabila menyangkut dengan kegiatan pemerintahan.
“Kalau urusan yang melayani masyarakat saya termasuk orang yang peduli, pokoknya yang penting kepentingan masyarakat. Tapi kalau kepentingan pemerintahan saya pilih-pilih. Contoh, kalau kantor-kantor jangan terlalu bagus karena hanya kita yang akan lihat dan nikmati, bukan masyarakat," ujarnya kepada Kendari Pos, kemarin.

Prinsip membangun infrastruktur demi kepentingan masyarakat dibuktikan Bupati Tafdil dengan berbagai karya pembangunan. Di bidang infrastruktur, Bupati Tafdil telah melakukan rigid (perkerasan) jalan dan pemeliharaan jalan ratusan kilometer. Merehabilitasi gedung serba guna menjadi Mall Pelayanan Publik (MPP) yang saat ini menjadi satu-satunya MPP di Sultra.

Bupati Tafdil juga menyalurkan bantuan seribuan perumahan layak huni bagi masyarakatnya yang kurang mampu. Tahun 2017 rumah layak huni sekira 70,47 persen, meningkat menjadi 83,32 persen pada tahun 2020. Selain itu, Bupati Tafdil juga telah menyediakan listrik gratis bagi 2.671 rumah tangga dalam kurun waktu tahun 2018-2021.

Pada sektor pendidikan, Bupati Tafdil memberikan beasiswa bagi mahasiswa yang berasal dari Bombana untuk menempuh pendidikan pada perguruan tinggi yang ada di Indonesia. Jumlahnya tergolong luar biasa besar yakni sekira 1.100 mahasiswa setiap tahunnya. Tak hanya itu, Bupati Tafdil menghadirkan fasilitas pendidikan bagi putra-putri Bombana yang telah lulus SMA/sederajat namun tidak diberi izin kepada orang tuanya menempuh pendidikan di luar daerah. "Kami telah menghadirkan perguruan tinggi vokasi yakni Politeknik Bombana," ungkap Bupati Tafdil.

Bahkan Bupati Tafdil memberikan beasiswa bagi 250 mahasiswa yang melanjutkan pendidikan di kampus Politeknik Bombana. Bupati Tafdil juga mengusung program satu desa satu sarjana. Perhatian Bupati H. Tafdil juga ditunjukan pada penyediaan layanan kesehatan dengan menghadirkan berbagai fasilitas kesehatan yang representatif. Bupati Tafdil membangun tujuh Puskesmas modern di beberapa titik. Bupati Tafdil membangun RSUD Tanduale dan Pasar modern Boepinang. Karya dua mega proyek itu bakal di resmikan Agustus 2022 sekaligus menjadi legacy bagi warga Bombana dipenghujung masa jabatan Bupati Tafdil. (idh/b)

  • Bagikan