Karya Nyata Tafdil di Masaloka

  • Bagikan
Bupati Bombana, Tafdil (tiga dari kiri) di dampingi Kadis Dishub Bombana beserta jajaran saat tiba di Masaloka.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Bupati Bombana, Tafdil menorehkan karya nyata di Kecamatan Masaloka. Suami Andi Nirwana Sebbu ini menyuntikkan harapan baru bagi pertumbuhan ekonomi masyarakat Masaloka. Mereka kini sudah bisa menikmati listrik, air bersih, dan transportasi. Di bawah kendali Bupati Tafdil, kepulauan yang memiliki luas 2,66 km persegi atau sekitar 0,08 dari luas wilayah Bombana itu, terus mendapat perhatian khusus.

Berbagai persoalan yang dialami warga setempat selama bertahuntahun, diselesaikan Bupati Tafdil. Mulai dari kendala listrik yang mengharuskan warga Masaloka hidup dalam kegelapan. Karena tidak memiliki alat penerang dari PLN, penderitaan warga yang kesulitan menikmati air bersih, hingga kesulitan mobilitas warga. Disebabkan belum adanya kapal yang mampu menyeberangkan kendaraan roda empat maupun alat berat. Yang ada masih sebatas kapal kecil pengangkut orang dan barang. Namun berbagai kesulitan yang dialami warga Masaloka sudah terselesaikan.

Bupati Bombana, Tafdil memecahkan kendi sebagai tanda peresmian kapal LCT Mini di
Masaloka, kemarin

Di tangan Bupati Tafdil, masyarakat Masaloka mendapat perhatian. Atas kepedulian itu, warga Masaloka kini sudah menikmati penerangan PLN 24 jam. Selain itu, pasokan air bersih dari Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) juga sudah mengalir hingga di dalam rumah warga. , Bupati Tafdil kembali membuat semringah warga Masaloka. Dengan menghadirkan alat transportasi laut, yang dapat mengangkut kendaraan roda empat hingga alat berat.

Namanya, Kapal LCT Mini. Kapal itu disambut suka cita warga setempat. Pasalnya, selama Pulau Masaloka Raya terbentuk, tak sekalipun kendaraan roda empat pernah mendarat di wilayah itu. Belum ada kapal yang mampu menyeberangkan kendaraan roda empat. “Sebagai seorang pemimpin, menjadi kewajiban saya, menghadirkan kebahagiaan bagi seluruh warga Bombana. Termasuk Masaloka,” ungkap Tafdil.

Bupati Tafdil saat menandatangani pengoperasian LCT Mini penyeberangan Batu Sempe-Masaloka.

Diakuinya, di penghujung jabatan sebagai kepala daerah Bombana, Bupati Tafdil berupaya memenuhi segala bentuk kebutuhan warga Masaloka. Baginya, menghadirkan fasilitas yang dibutuhkan warga merupakan salah satu bentuk kepuasan tersendiri sebagai pemimpin. “Sesuatu yang ditunaikan sebelum berakhir jabatan, menjadi kepuasan tersendiri. Alhamdulillah, janji yang sudah saya ucapkan di Masaloka bisa ditunaikan sebelum berakhir,” imbuhnya.

Sementara itu, Camat Masaloka Haeruddin mengungkapkan, rasa terima kasihnya kepada Bupati Tafdil yang telah menunjukan kepeduliannya. Kini warga Masaloka mulai keluar dari keterisolasian. Fasilitas yang ada di daerah lain, kini sudah dirasakan juga di Pulau Masaloka. Baik itu listrik, air hingga transportasi. “Saya atas nama masyarakat Kecamatan Masaloka, mengucapkan terima kasih sebesar-besarnya kepada Bupati Tafdil yang selalu memperhatikan Masaloka,” katanya.

Diakuinya, hadirnya kapal LCT mini sebagai transportasi laut warga Masaloka ke ibu kota Bombana, sangat dinantikan warga. Terlebih lagi, kapal LCT mini, dapat mengangkut kendaraan roda empat maupun alat berat, yang selama ini belum pernah masuk di Masaloka. “Ini mempermudah dan memperlancar mobilitas masyarakat. Sehingga, berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat,” tandasnya. (adv/idh)

  • Bagikan