Muhammad Yusup Buka Feri Talaga-Mawasangka

  • Bagikan
Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae (dua kanan), Staf Ahli Mendagri Bidang Ekonomi dan Pembangunan, La Ode Ahmad Pidana Balombo (kanan) dan Pj Bupati Buteng Muhammad Yusup (kiri) saat meresmikan pelabuhan rute Talaga-Mawasangka.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Konektivitas antar pulau di Kabupaten Buton Tengah (Buteng) kian terbangun. Talaga, pulau terluar di Buteng kini tak lagi terisolir. Lalu lintas orang maupun barang semakin mudah dengan kehadiran armada feri rute Mawasangka-Talaga, setelah diresmikan pekan lalu.

Peresmian dilakukan Wakil Ketua Komisi V DPR RI Ridwan Bae didampingi Staf Ahli Mendagri Bidang Ekonomi dan Pembangunan, La Ode Ahmad Pidana Balombo, dan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat Wilayah XVIII Sultra Fathir P Siregar. Pj Bupati Buteng Muhammad Yusup, Sekretaris Kabupaten Buteng, H Kostantinus Bukide, Forkopimda dan unsur DPRD Buteng.

Ridwan Bae memuji keseriusan Muhammad Yusup dalam menjawab berbagai kebutuhan warganya. Menurutnya, armada feri yang menghubungan Pulau Talaga dan Kecamatan Mawasangka akan memberikan dampak positif. Distribusi hasil-hasill pertanian dan perikanan akan semakin mudah. Begitupula dengan mobilitas orang akan semakin lancar.

"Berarti Pak Bupati sangat memperhatikan kesulitan warga. Ia mmampu membaca kesulitan ini. Kalau tidak ada feri, Talaga sulit diakses. Belum lagi hasil panen mereka. Mau dibawa kemana? Ini perlu diacungkan jempol," ujar politisi Golkar itu.

Staf Ahli Menteri Dalam Negeri Bidang Ekonomi dan Pembangunan, La Ode Ahmad Pidana Balombo melihat terobosan Muhammad Yusup bagian dari akselerasi percepatan pembangunan di daerah kepulauan.
Mantan Pj Sekprov Sultra ini berharap langkah tersebut dilakukan secara bertahap dan terus menerus.

"Dengan kesiapan dari Buteng yang didukung pemerintah provinsi, pemerintah pusat tidak akan ragu melakukan upaya peningkatan konektivitas antar pulau. Kolaborasi pentahelix di daerah wajib dilakukan," tuturnya.

Sementara itu, Pj Bupati Muhammad Yusup mengatakan, selain meningkatkan pelayanan transportasi antarpulau, kehadiran armada feri rute Mawasangka-Talaga akan mempermudah distribusi logistik, meningkatkan sektor pariwisata, serta UMKM.

Sebagai wujud kepedulian dalam memberikan pelayanan transportasi yang handal dan terpadu, secara bertahap Pemkab Buteng akan menjalin komunikasi dengan pemerintah pusat, pemerintah provinsi, bersama DPR RI, agar terus merespon usulan di bidang transportasi di wilayah Buteng. (uli/b)

  • Bagikan