Dikbud Wakatobi Siapkan Beasiswa Prestasi Rp 2 Miliar

  • Bagikan
Nurmasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tahun 2022 ini, pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Wakatobi mengalokasikan anggaran sebesar Rp 2 miliar beasiswa prestasi bagi murid Sekolah Dasar (SD) dan pelajar Sekolah Menengah Pertama (SMP). Program tersebut akan segera direalisasikan. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bantuan biaya pendidikan itu. Selain memiliki prestasi akademik maupun non akademik, para pelajar juga bukan termasuk penerima kartu Program Indonesia Pintar (PIP). Pihak sekolah akan mengusulkan nama-nama siswa berprestasi yang dinilai layak mendapatkan beasiswa ke pihak Tim Merdeka Belajar Pendidikan Sentosa, Dikbud Wakatobi.

Sekretaris Tim Merdeka Belajar Pendidikan Sentosa, Dikbud Wakatobi, Nurmasi, menjelaskan, program beasiswa prestasi pada tingkat SD dan SMP merupakan salah satu program Merdeka Belajar. Beasiswa akan disalurkan kepada siswa yang kurang mampu tapi unggul atau berprestasi baik akademik maupun non akademik. “Kalau dulu, kan programnya bantuan bagis siswa miskin. Tapi sekarang lebih ditekankan pada yang kurang mampu tapi berprestasi. Jika program sebelumnya dari data usulan sekolah kemudian kita menentukan kuota berapa banyak dan sesuai dengan anggaran yang ada maka sebanyak itulah harus memberkas, kalau sekarang berbeda. Harus berprestasi dan kurang mampu. Saya lihat sesuai anggaran kurang lebih bisa untuk sekitar 5.000 siswa,” prediksi Nurmasi, Selasa (26/7).

Ia merinci, seluruh jumlah pelajar SD dan SMP di Wakatobi saat ini mencapai 16 ribu orang. Namun dari sekian banyaknya siswa ini, ribuan lainnya sudah menerima bantuan PIP yang merupakan program dari Pemerintah Pusat. Pihaknya akan memverifikasi usulan dari sekolah yang memenuhi syarat lalu menyalurkan dananya. “Jadi tidak semua akan terima beasiswa ini. Kalau sudah terima PIP, maka sekalipun memenuhi syarat beasiswa prestasi, tetap akan dicoret. Tidak bisa terima dana double. Saat ini sementara proses. Program beasiswa ini dianggarkan tahun 2022 melalui Dikbud Wakatobi sebesar Rp 2 miliar,” pungkasnya. (c/thy)

  • Bagikan