Tarik Pengunjung, Sediakan Komputer dan Internet Gratis

  • Bagikan
Koordinator Layanan dan Kerja Sama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Herlina Werianti memperlihatkan ruang komputer yang dilengkapi fasilitas internet gratis di gedung perpustakaan daerah kemarin

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Meski belum diresmikan, Perpustakaan Sulawesi Tenggara (Sultra) telah membuka layanan bagi masyarakat umum. Guna meningkatkan kunjungan, pengelola menyediakan sejumlah fasilitas. Mulai dari internet gratis, kumpulan buku-buku menarik hingga perangkat komputer.

Koordinator Layanan dan Kerja Sama Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Sultra, Herlina Werianti mengatakan fasilitas internet gratis disiapkan bagi masyarakat yang berkunjung di perpustakaan. Selain itu, pengunjung juga bisa memanfaatkan Personal Computer (PC) perpustakaan. "Jadi, pengunjung juga bisa memanfaatkan fasilitas komputer," ujarnya kemarin.

Untuk perangkat PC kata dia, ada sekitar 40 unit yang bisa gunakan pengunjung tanpa perlu membayar. Herlina yakin, kemudahan yang ditawarkan pengelola bisa menjadi daya tarik bagi masyarakat untuk berkunjung di perpustakaan daerah Sultra.

Di sisi lain, perpustakaan juga menyiapkan berbagai koleksi buku bagi pengunjung mulai dari buku sains, novel, dan koleksi menarik lainnya. Bukan hanya itu, pihaknya juga menyiapkan display buku baru, ruang baca anak dan disabilitas, audotorium (bioskop), science center dan pusat peraga iptek.

"Mudah-mudahan berbagai layanan yang kami hadirkan bisa meningkatkan kunjungan masyarakat di perpustakaan modern ini. Yang terpenting juga bisa meningkatkan literasi masyarakat," kata Herlina.

Sekedar informasi, sejak dibuka pada Januari hingga Juni 2022 (semester I), jumlah pengunjung perpustakaan modern sudah mencapai 4.500 orang. (b/ags)

  • Bagikan