Kuota PPDB Melebihi Target

  • Bagikan


-Dikmudora Tambah Sekolah Baru

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2022-2023 di Kota Kendari telah berakhir. Kursi yang disiapkan Pemerintah Kota (Pemkot) Kendaro bahkan melebihi target. Untuk bisa mengakomdir siswa baru, Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dikmudora) memberi ruang bagi sekolah membuka kelas pagi dan siang. Tidak hanya itu, pemerintah juga membuka sekolah baru.

Kabid Pembinaan Pendidikan Dasar Dinas Dikmudora Kota Kendari Arnaldo mengatakan ribuan kuota yang disiapkan berdasarkan kapasitas atau daya tampung sekolah. Secara keseluruhan, ada 6.265 kursi. Rinciannya, Sekolah Menengah Pertama (SMP) 5.528 kursi sementara Sekolah Dasar 637 kursi

"Kuota yang disediakan 6.265 kursi. Namun yang terjadi di lapangan, siswa-siswi yang mendaftar jumlahnya melebihi dari yang ditentukan," ujar Arnaldo, Rabu (13/7).

Sebelumnya, pihaknya sudah melakukan antisipasi. Salah satunya dengan cara menggunakan sistem zonasi. Sebab di beberapa sekolah peminatnya cukup besar. Selain itu, pihaknya memberi izin sekolah yang membuka kelas pagi dan siang.

"Secara teknisnya, kami masih diskusikan. Yang jelas, kami akan pastikan semua pendaftar bisa tetap bersekolah. Tidak hanya itu, untuk mengantisipasi lonjakan siswa pemerintah telah menambah sekolah baru yaitu SMPN 24 Kendari," ungkapnya.

Saat ini, peserta didik baru sedang mengikuti kegiatan masa pengenalan sekolah (MPLS). Jika sudah tuntas, barulah kegiatan belajar mengajar kembali normal. "MPLS adalah kegiatan rutin dilakukan setiap sekolah untuk mengenalkan lingkungan baru mereka. Sehingga anak tersebut dapat mengenal lingkungan mereka sebelum pembelajaran berlangsung," ujarnya. (b/m1)

  • Bagikan