Dikbud Wakatobi Buka Pendaftaran Beasiswa

  • Bagikan
Beasiswa
Beasiswa

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pendaftaran sejumlah beasiswa bagi para mahasiswa asal Kabupaten Wakatobi sudah dibuka pihak Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud). Pendaftaran beasiswa merdeka belajar pendidikan sentosa tahun anggaran 2022 itu dimulai sejak dua pekan lalu. Kini sejumlah mahasiswa mulai berdatangan melakukan pendaftaran. Kepala Dikbud Wakatobi, La Ali Wangi, membenarkan, sejak dua minggu lalu pihaknya telah membuka secara resmi pendaftaran sejumlah beasiswa. Diantaranya, beasiswa berprestasi, penyelesaian studi, hingga program bidikmisi pada mahasiswa yang kampusnya terikat Momerandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi dalam kategori jurusan prioritas daerah.

“Dari pertengahan Juni kita sudah buka pendaftaran. Sampai saat ini masih terbuka,” ujar Ali Wangi, Minggu (3/7). Sayangnya ia belum memberikan rincian terkait jumlah yang akan mendapatkan beasiswa tersebut. Jika dilihat dari nama programnya, tentu sudah berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya. Namun untuk syarat nilai, tidak terlalu berbeda.
Sekretaris Tim Merdeka Belajar Pendidikan Sentosa, Nurmasi, menyebut, syarat nilai indeks prestasi kumulatif (IPK) bagi mahasiswa yang bisa mendaftar pada program beasiswa tersebut minimal 3,0 untuk mahasiswa jenjang S1, D4 dan D3. Sementara untuk mahasiswa kedokteran dengan minimal IPK 2,75.

“Bagi mahasiswa yang ingin mendapatkan beasiswa jenjang S2 dan S3 harus memiliki IPK minimal 2,75. Sementara ini masih proses pendaftaran,” terang Nurmasi. Untuk diketahui, beasiswa merdeka belajar pendidikan sentosa ini mengacu pada Peraturan Bupati Wakatobi nomor 45 tahun 2022 tentang pedoman penyelenggaraan bidikmisi merdeka belajar dan Peraturan Bupati Wakatobi nomor 46 tahun 2022 tentang tatacara pemberian bantuan biaya pendidikan dan beasiswa mahasiswa berprestasi merdeka belajar dari Pemkab. (c/thy)

  • Bagikan