Hindari Dehidrasi, CJH Diminta Perbanyak Minum

  • Bagikan
Cuaca Kota Mekkah Panas Suhu Udara Berkisar 43 Derajat Celsius

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Sebanyak 294 Calon Jemaah Haji (CJH) asal Kota Kendari akan berangkat menuju Jeddah, Arab Saudi 23 Juni mendatang. Selama di tanah suci, jemaah diminta tetap menjaga kesehatan. Pasalnya, cuaca di negara penghasil minyak terbesar di dunia cukup ekstrem. Dalam beberapa hari terakhir, temperatur udara di Kota Mekkah cukup panas dengan suhu 43 derajat celsius.

Kepala Kementerian Agama (Kemenag) Kota Kendari Muhammad Lalan Jaya mengimbau jemaah haji asal kendari untuk tetap waspada, karena saat ini Arab Saudi sedang dilanda cuaca ekstrem. Untuk itulah, ia berpesan agar jemaah haji dapat menjaga kesehatan, pola makan dan istirahat yang cukup.

"Melihat kondisi dan situasi Arab Saudi saat ini mengalami cuaca ekstrem. Diharapkan bagi para jemaah haji. Agar sering-sering minum air putih serta pakai semprot mulut (penyegar tenggorokan) dan istirahat yang cukup,"ujarnya kemarin.

Untuk menghindari dehidrasi, CJH harus sering minum air putih dan tak perlu menunggu haus. Selain itu, mengonsumsi vitamin. "Jangan sekali-kali melepas alas kaki dan payung ketika di luar ruangan mengingat suhu udara Arab Saudi sangat panas sehingga dapat membakar kulit," pintanya.

Ia berharap agar rangkaian haji tahun ini berjalan lancar. Dengan begitu, jemaah bisa pulang ke tanah air dengan selamat. "Semoga tidak ada kurang sedikit pun. Selamat menunaikan ibadah dan memperoleh haji mabrur," harapnya. (b/m1)

Tips Jaga Kesehatan Jemaah
-Perbanyak Minum Air Putih
-Tak Perlu Menunggu Haus
-Minum Vitamin
-Jaga Pola Makan
-Istirahat yang Cukup
-Tak Boleh Lepas Alat Kaki di luar Ruangan
-Pakai Payung Keluar Penginapan

Pemberangkatan CJH Kendari
16 Juni Dilepas Wali Kota di Hotel Kuba
20 Juni Dilepas Gubernur di Asrama Haji
21 Juni Terbang Menuju Embarkasi Makassar
-Penerbangan I 155 Jemaah Pukul 07.30 Wita (Citilink)
-Penerbangan II 140 Jemaah Pukul 10.45 Wita (Garuda)
22 Juni Terbang Menuju Jeddah, Arab Saudi
23 Juni Diperkirakan Tiba di Arab Saudi
-CJH Tinggal di Sektor II
-Jarak 4 Km dari Masjidil Haram

  • Bagikan