Presiden Menyapa Warga Wakatobi dari Atas Ransus Terbuka

  • Bagikan
Presiden Jokowi bersama Ibu Negara Iriana Jokowi menyapa warga Wakatobi, Sultra dari atas ransus Mercedes-Benz G300 yang didesain model terbuka dan dikawal Paspampres, Kamis (9/6/2022). MUCHLIS JR / BPMI SETPRES


--Pertama Kali Dipakai dalam Kunjungan di Wakatobi


KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Tugas Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) adalah melaksanakan tugas pengamanan fisik langsung jarak dekat setiap saat kepada Presiden dan Wakil Presiden, mantan Presiden RI dan mantan Wakil Presiden RI serta keluarganya. Paspampres juga bertugas menyelenggarakan fungsi protokoler kenegaraan dalam rangka mendukung tugas pokok TNI.

Dalam menjalankan tugas negara mengamankan Presiden, Paspampres didukung perlengkapan modern dan berteknologi tinggi. Salah satunya kendaraan khusus (Ransus) berteknologi canggih yakni adalah Mercedes Benz G300. Saat berkunjung ke daerah-derah, iring-iringan Mercedes Benz G300 tertutup mengawal mobil dinas Presiden.

"Paspampres memang harus didukung dengan kendaraan-kendaraan khusus seperti Ran VVIP, Ran Kawal dan motor kawal guna menjamin keamanan Kepala Negara," ujar Mayor CPL Dede Rusdiana, Komandan Detasemen Peralatan (Denpal) Paspampres.

Namun ada yang berbeda ketika Presiden Jokowi berkunjung di Kabupaten Wakatobi, Provinsi Sultra, Kamis (9/6/2022). Presiden Jokowi menyapa warga dari atas Mercedes Benz G300 yang dimodifikasi model terbuka. Rancang bangun Ransus tersebut merupakan ide brillian dari Komandan Paspampres Mayjen TNI Tri Budi Utomo.

Sosok jenderal alumni Akademi Militer tahun 1994 ini memang dikenal sebagai pecinta otomotif dan teknologi pertahanan. Menurutnya, dengan sistem suspensi dan dapur pacu yang cukup kuat yaitu 3000cc, platform ransus Mercedes Benz G300 memberikan kenyamanan.

"Dengan ransus yang dimodifikasi model terbuka memungkinkan bapak Presiden lebih leluasa menikmati keindahan alam Wakatobi dengan kualitas udara yang sangat sejuk. Desain mobil ini juga dapat memudahkan bapak Presiden berinteraksi langsung dengan masyarakat Kabupaten Wakatobi," ungkap Mayor CPL Dede Rusdiana.

Mayor CPL Dede Rusdiana, menjelaskan ransus Mercedes Benz G300 dengan model desain terbuka ini pertama kali digunakan Presiden Jokowi, sehingga menjadi kehormatan bagi warga Wakatobi bisa menyaksikan lebih dekat pemimpinnya.

Untuk diketahui, Presiden Jokowi adalah pemimpin bangsa berkarakter merakyat. Dalam setiap kunjungan kerja dan blusukan ke daerah-daerah, Presiden Jokowi selalu berinteraksi dengan rakyatnya. Nah, ransus Mercedes Benz G300 yang didesain terbuka, memungkinkan Presiden Jokowi berinteraksi dengan masyarakat dalam jarak yang aman sesuai Standard Operating Procedure (SOP) pengamanan Presiden.

Sejatinya, Mercedes-Benz G-Class memang didesain versi militer. Mercy G-Class berkode bodi W463 itu dibekali dengan mesin turbodiesel V6 berkapasitas 3.0 liter. Mesin itu punya tenaga 221 dk pada 3.800 rpm dan torsi 540 Nm pada 1.600 hingga 2.400 rpm.

Dari segi tampilan tidak ada perubahan besar dari Mercedes-Benz G-Class dengan tampilan militer tersebut. Mercedes-Benz hanya memberikan beberapa perlengkapan khusus di bagian eksterior seperti snorkle, bumper dan grille yang lebih kokoh. Mobil untuk keperluan militer itu diklaim memiliki kemampuan offroad yang lebih baik dibandingkan Mercedes-Benz G-Class yang ada saat ini. (*)

  • Bagikan