Dispora Mubar Cari Paskibra Terbaik

  • Bagikan
Kepala Dispora Mubar, Syahrulla Ando memantau langsung proses seleksi penentuan 76 putra-putri terbaik Mubar untuk menjadi anggota inti Paskibra.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Muna Barat (Mubar) tengah menggelar seleksi calon Paskibra. Tahap pencarian paskibra terbaik masuk tahap akhir. Panitia Seleksi (Pansel) akan menetapkan 76 paskibra, yang akan tampil di Mubar saat Agustus 2022.

Kadispora Mubar, Syahrulla Ando, mengatakan sekarang sudah masuk seleksi tahap ke tiga untuk memilih 76 putra-putri terbaik Mubar dari berbagai SMA. Tidak ada unsur nepotisme, karena mereka dipilih berdasarkan nilai hasil seleksi sesuai ketentuan seleksi nasional

Sememtara itu, Ketua Pansel Paskibra Mubar 2022, Muh. Zayani Ihu mengatakan total jumlah peserta seleksi calon Paskibra sebanyak 500 orang.Hanya saja sebagian gugur pada seleksi tahap awal dan menyisahkan 200 orang.

Seleksi tahap dua menyisahkan 143 peserta. "Hari ini kita jaring lagi untuk penetuan 76 orang terbaik sebagai anggota Paskibra inti. Nantinya akan kita latih lagi sebelum dikukuhkan sebagai anggota Paskibra Mubar 2022 pada 15 Agustus mendatang," terangnya.

Lanjutnya, tahapan seleksi dilakukan sebaik-mungkin dengan mengikuti ketentuan seleksi Paskibra nasional. Mulai dari pengukuran tinggi badan yaitu, laki-laki minimal 165 senti meter dan perempuan 158 senti meter. Seleksi peraturan baris berbaris (PBB), seleksi tertulis tentang wawasan ideologi pancasila, parade, hingga melihat tampilan fisik yang kasatmata.

"Tahun ini ada seleksi tertulis karena kita mengikuti ketentuan nasional. Kalau sebelum-sebelumnya tidak ada," ucapnya.

"Kemudian proses seleksi kita lakukan secara ketat. Memang tidak bisa dipungkiri adanya "titipan" dari orang-orang tertentu. Tetapi kita tetap memgacu pada nilai dan ketentuan. Biar anaknya siapa kalau tingginya tidak mencukupi dan PBB kacau, maka kita tidak tolerir (gugur,red)," sambung Muh. Jayani Ihu. (ahi/b)

  • Bagikan