Bombana Kekurangan Mobil Damkar

  • Bagikan
Muhammad Yusup

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Fasilitas armada Pemadam Kebakaran (Damkar) di Kabupaten Bombana belum maksimal. Kondisi itu, mmenyulitkan upaya pemadaman peristiwa kebakaran. Pemkab setempat akan membeli mobil Damkar mini.

Kepala Satuan Pol PP, Linmas dan Damkar Kabupaten Bombana, Rusman mengatakan, saat ini armada Damkar hanya hanya dua unit saja. Bahkan, mobil Damkar orisinal hanya satu, mobil satunya hasil modifikasi.

Menurutnya, kurangnya armada ini tentu memberikan pengaruh lambanya petugas melakukan pemadaman bila terjadi kebakaran.

Terutama, peristiwa kebakaran berada di radius yang cukup jauh. Seperti Poleang maupun Kabaena.

“Jika ada peristiwa kebakaran, petugas juga harus melihat kondisi dan jarak tempuh yang harus dilalui. Sebab, jika peristiwa yang terjadi cukup jauh dari jangkauan, maka petugas kemungkinan akan sampai di tempat setelah api sudah padam,” imbuhnya.

Karena itu, pihaknya mengaku bakal melakukan pengadaan mobil Damkar mini untuk di tempatkan pada setiap kecamatan. Tahun ini, ada dua kecamatan yang mendapatkan mobil Damkar mini tersebut. Selain pengadaan mobil Damkar mini, intens sosialisasi, pemicu dan pencegahan kebakaran yang melibatkan unit pemerintah hingga tingkat desa. “Kita rutin turun ke warga memberikan sosialisasi kepada warga terkait pemicu hingga apa yang harus dilakukan ketika terjadi kebakaran. Khususnya di lingkungan padat penduduk,” pungkasnya. (idh/b).

  • Bagikan