Sinergisitas Ciptakan Kamtibmas, Mendukung Pembentukan Polres Buteng

  • Bagikan
Pj.Bupati Buteng Muh. Yusup (dua dari kiri) didampingi beberapa kepala dinas bersilaturahmi dengan Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo (dua dari kanan). Kedua pemimpin beda lembaga itu sepakat satu kata dan saling mendukung untuk menciptakan Kamtibmas dengan pendirian Polres Buteng.

--Kiprah Pemerintahan Pj.Bupati Buton Tengah (Buteng) Muh.Yusup

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Usai dilantik gubenur, Penjabat (Pj) Bupati Buton Tengah (Buteng), Muhammad Yusup langsung gerak cepat melaksanakan berbagai tugas pemerintahan. Selain menyolidkan kinerja Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkab Buteng, Pj.Bupati Muh.Yusup piawai membangun sinergi dengan Forkopimda.

Baru-baru ini, Pj.Bupati Muh.Yusup bersilaturahmi dengan Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo. Dalam kunjungan itu, Pj.Bupati Muh.Yusup menyatakan dukungan Pemkab Buteng dalam pembentukan Polres Buteng. Hal itu bagian dari sinergisitas untuk menciptakan dan menjamin situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (Kamtibmas) di Buteng. Pj.Bupati Muh.Yusup meyakini, terciptanya kondusivitas daerah akan mendukung kelancaran pembangunan daerah.

Pertemuan itu juga sekaligus untuk mendiskusikan berbagai isu krusial. Di antaranya, persiapan pembentukan Polres Buton Tengah, pengamanan dan ketertiban untuk menyukseskan pemilihan kepala daerah (Pilkada) 2024, menjaga stabilitas harga bahan bakar minyak, serta menjaga stabilitas kenaikan harga sembilan bahan pokok.

"In Sya Allah, tahun 2023 sudah ada Polres Buton Tengah. Beliau (Kapolres Baubau, red) menyampaikan ke saya bahwa tanggal 15 Juni ini, beliau akan presentasi ke Mabes Polri terkait pembentukan Polres Buton Tengah," ujar Pj.Bupati Muh.Yusup kepada Kendari Pos, Selasa (7/6), kemarin.

Untuk itu, Pj.Bupati Muh.Yusup mengapresiasi Polres Baubau dalam mengawal pembentukan Polres Buteng. Medio Juni 2022, rencananya Pj.Bupati Muh.Yusup akan terbang ke Jakarta untuk memaparkan kesiapan terkait hal itu.

"Kami ucapkan terima kasih bahwa sudah disiapkan bahan untuk bekal kami paparkan di Mabes Polri. Dalam hal ini perencanaan tentang kesiapan kami untuk mendukung berdirinya Polres Buton Tengah termasuk personelnya," ungkap Pj.Bupati Muh.Yusup.

Dalam silaturahmi dengan Kapolres Baubau, Pj.Bupati Muh.Yusup didampingi Kepala Dinas Kominfo La Ode Darmawan Hibali, Kepala Dinas Sosial Kasim, Kepala Dinas Perhubungan La Ota, dan Kepala Dinas PTSP, Aris Mahmud. "Kita ini kan harus bersilaturahmi antara saudara, kerabat, dan Forkopimda. Apalagi saya baru menjabat sebagai penjabat di Buton Tengah. Kita harus berkolaborasi dan bersinergi. Makanya saya bawa beberapa kepala dinas untuk melihat itu," tutur Pj.Bupati Muh.Yusup.

Sementara itu, Kapolres Baubau AKBP Erwin Pratomo mengatakan, kedatangan Pj.Bupati Buteng diharapkan dapat memperkuat sinergisitas antara Pemkab Buteng dan Polres Baubau yang wilayah kerjanya mencakup Kabupaten Buteng. "Salah satu sinergisitas yang dibangun adalah pada bidang keamanan dan ketertiban," ujar Kapolres.

AKBP Erwin Pratomo menegaskan Buteng merupakan wilayah hukum Polres Baubau sehingga pihaknya siap mendukung program Pemkab Buteng terkait Kamtibmas. "Nanti kita dibuatkan batas lahan yang dihibahkan dari Pemkab Buton Tengah ke Polri. Setelah sah, ada sertifikat Polri, dan akan kami minta agar diberikan batas bahwa itu adalah tanah milik Polri untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan. Seperti adanya klaim-klaim dari oknum masyarakat tertentu," ungkapnya. (uli/b)

  • Bagikan