Sekab Buteng akan Benahi Pengelolaan Keuangan

  • Bagikan
H. Kostantinus Bukide

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buton Tengah (Buteng) kembali meraih predikat opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) atas laporan keuangan pemerintah daerah 2021. Itu membuat Buteng sebagai peraih WTP lima kali berturut-turut sejak dipimpin bupati definitif tahun 2017.

Pencapaian tersebut, kata Sekretaris Kabupaten (Sekab) Buteng, H. Kostantinus Bukide merupakan buah dari kerja-kerja kolektif semua pihak. Prestasi yang patut dibanggakan dan dipertahankan pada tahun-tahun yang akan datang.

“Kerja-kerja yang sudah baik selama ini harus kita jaga. Dan yang perlu kita benahi, akan kita lakukan pembenahan. Salah satunya bagaimana penataan dan keuangan di Buteng ini kita maksimalkan,” ujar Kostantinus, kemarin.

Ia mengakui, seringkali ada anggapan jika opini WTP tak menjamin sebuah pemerintahan bersih dari praktik korupsi maupun bentuk penyimpangan keuangan lainnya. WTP hanya sebagai ukuran bahwa pengelolaan keuangan dari sisi administrasi di Buteng sudah baik.

“WTP ini lebih kepada administrasi terkait penataan keuangan. Misalnya, ada kegiatan yang surat pertanggung jawabannya bagus. Belum tentu itu sesuai fakta. BPK memotret dari sisi akuntansinya,” pungkas Kostantinus. (uli/b)

  • Bagikan