Buteng Ajak Ilmuan ITB Kembangkan Potensi Perikanan

  • Bagikan
Pj Bupati Buton Tengah (Buteng), Muhammad Yusup saat melakukan kunjungan kerja di gedung Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Bandung.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pj Bupati Buton Tengah (Buteng), Muhammad Yusup berupaya mengembangkan potensi daerah untuk meningkatkan perekonomian. Ia menemui ilmuan di Lembaga Pengembangan dan Pengabdian Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi Bandung (ITB) guna bersinergi mengembangkan potensi perikanan Buteng.

"Kami melakukan komunikasi dengan LPPM ITB dalam rangka pengembangan UMKM di Buteng. Khususnya usaha sumberdaya perikanan yang melimpah, yaitu teri nasi di Kecamatan Mawasangka," ujar Muhammad Yusup, kemarin.

Ia berharap, kedepannya akan ada kegiatan pengkajian mengenai usaha sumberdaya perikanan Buteng dengan melibatkan koperasi dan UMKM yang ada sehingga kesejahteraan masyarakat meningkat.

Selain membahas potensi perikanan, ia mengungkapkan pertemuan itu juga dalam rangka melakukan koordinasi kegiatan kajian potensi ancaman, kerentanan, potensi dampak tsunami pada wilayah pesisir Pulau Buton dan Pulau Muna, serta analisis potensi yang rencananya akan dilakukan oleh tim peneliti dari ITB di Kabupaten Buton, Buton Selatan, dan Buteng.

"Kajian ini diharapkan dapat memberikan informasi kepada masyarakat serta pemerintah daerah terkait potensi tsunami di daerah tersebut dan dapat memberikan edukasi serta solusi dalam mengantisipasi apabila terjadi tsunami," pungkasnya.

Pertemuan itu dihadiri Ketua Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) ITB, Ir. R. Sugeng Joko Sarwono, Sekretaris Bidang Kewirausahaan Lembaga Pengembangan Inovasi (LPIK) ITB, Dr. Irwan Gumilar, Kepala Pusat Pengembangan Wilayah Pesisir dan Laut (PPWPL) LPIK ITB, Mohammad Farid, Asisten 1 PPWPL, Muhammad Rizki Purnama dan Asisten 2 PPWPL, Ahmad Nur Wahid. (uli/b)

  • Bagikan