Mitos Buka Kap Mesin Setelah Perjalanan Jauh Bikin Mesin Cepat Dingin, Pabrikan Ungkap Faktanya

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID--Beredar mitos buka kap mesin setelah perjalanan jauh bikin mobil cepat dingin, pihak pabrikan ungkap faktanya.

Usai melakukan perjalanan jauh seperti mudik, biasanya mesin mobil akan menjadi lebih panas. Hal tersebut bisa terjadi lantaran mesin mobil bekerja lebih ekstra dari biasanya.

Ilustrasi membuka kap mobil buat mendinginkan mesin di rest area.GridOto.com

Karenanya, tidak sedikit pemilik mobil yang membuka kap mesin saat berhenti di tengah perjalanan agar lebih cepat dingin. Namun, apakah betul dengan membuka kap mesin membuat jantung pacu mobil menjadi lebih cepat dingin?

Menanggapi hal tersebut, Didi Ahadi, yang saat diwawancarai menjabat sebagai Dealer Technical Support Dept. Head PT Toyota-Astra Motor (TAM) memberikan penjelasannya.

Menurutnya, membuka kap mesin sebenarnya tak bisa membuat mesin mobil menjadi lebih cepat dingin. "Kalau membuka kap mesin yang lebih cepat dingin mungkin hanya bagian luarnya saja.Sedangkan bagian dalamnya kan masih tetap panas. Jadi menurut saya sih enggak berpengaruh signifikan," ucap Didi Ahadi kepada GridOto.com.

Didi Ahadi juga menambahkan, selama mesin tak mengalami overheat, pemilik mobil sebenarnya tak perlu khawatir dan tak perlu melakukan tindakan apapun.

Sebab, panas pada mesin mobil akan kembali dingin dengan sendirinya. "Selama sistem pendinginan mobil seperti radiator, reservoir dan kipasnya tidak mengalami masalah, sebaiknya pengguna mobil tidak perlu melakukan apapun," bebernya.

Jadi pemilik cukup hanya dengan parkirkan mobilnya saja di tempat yang aman. "Matikan saja mesin mobilnya, tunggu beberapa menit, nanti mesin akan kembali dingin dengan sendirinya," tukasnya. (*)

Sumber :  GridOto.com

  • Bagikan