Dishub Muna Siap amankan Arus Balik

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Dinas perhubungan Kabupaten Muna memprediksi puncak arus balik mudik 2022 terjadi pada akhir pekan ini. Berdasarkan pantauan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Muna arus balik terjadi sejak 3 Mei dan diperkirakan puncak arus balik akan terjadi pada 7 Mei sampai 8 Mei 2022.

Kadis Perhubungan Kabupaten Muna, Drs. H. La Ode Nifaki Toe mengatakan, jumlah pemudik diarus balik tahun ini mengalami lonjakan lebih dua kali lipat dari dua tahun terakhir. Hal ini berdasarkan hasil pengamatan jajaran Dishub di beberapa pelabuhan, seperti Pelabuhan Feri Tampo, Pelabuhan Nusantara Raha maupun Pelabuhan Feri Lagasa.

"Berdasarkan informasi dari perusahaan pelayanan jasa penyebrangan para penumpang arus balik telah membooking tiket lebih awal sebelum keberangkatan baik tiket kapal cepat, kapal malam maupun tiket kapal very. Hal itu mereka lakukan untuk menghindari antrian panjang serta desak-desakan para penumpang saat pemesanan tiket. Sedangkan untuk angka riel para penumpang yang berangkat tiap harinya tidak dapat dipastikan karena manisfestnya ada di kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (UPP) Kelas Dua Raha dan kami belum meminta melalui persuratan berhubung saat ini masih cuti bersama. Namun petugas kami tetap melaksanakan tugas dibeberapa titik arus balik," ujar Nifaki saat di mintai keterangan via whatshapp, Jumat (6/5/2022).

Dijelaskan bahww dalam menangani lonjakan penumpang kantor UPP telah menambah armada kapal di sejumlah pelabuhan seperti Pelabuhan Nusantara ada empat unit kapal cepat, tiga unit kapal malam, satu unit Feri Pelabuhan Lagasa dan dua unit Feri Pelabuhan Tampo yang dioperasikan lima trip perhari. Selain itu, selama arus balik lebaran pihaknya terus berkoordinasi dengan satuan kepolisian sekitar khususnya di Pelabuhan nlNusantara Raha dan Pelabuhan Feri Tampo untuk mengantisipasi kemacetan dan keamanan para penumpang.

"Penambahan armada kapal tersebut untuk mengantisipasi kepadatan penumpang di tiap pelabuhan. Kami juga bekerjasama dengan pihak kepolisian di tiap-tiap pelabuhan dalam upaya memberi kenyamanan serta keselamatan para penumpang. Dishub juga menghimbau agar para penumpang arus balik tetap mematuhi aturan yang ada terutama dalam mematuhi Prokes. Para pelaku peyanan pelayaran juga diharapkan dapat menjaga dan mengutamakan keselamatan penumpang," tegasnya. (m3/b)

  • Bagikan