165 Rumah Rusak Akibat Cuaca Ekstrem

  • Bagikan

-Ringankan Korban, Wali Kota Salurkan Bantuan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID–Cuaca ekstrim yang melanda Kota Kendari beberapa waktu lalu menimbulkan kerusakan pada beberapa hunian milik warga. Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) mencatat, sebanyak 165 rumah warga rusak akibat cuaca ekstrim. Atas dasar itulah, Pemkot Kendari berinisiatif menyalurkan bantuan.

Wali Kota Kendari, Sulkarnain Kadir mengatakan, bantuan yang diberikan merupakan bentuk kepedulian pemerintah kepada warga yang terdampak cuaca ekstrim atau musibah angin puting beliung yang melanda Kota Lulo beberapa waktu lalu.

“Ini (bantuan) adalah respon pemerintah, bagaimana bisa selalu hadir ditengah masyarakat untuk mendengarkan dan memikirkan bersama apa yang terjadi, serta kemudian mencari solusi terbaik bagi masyarakat,” kata Sulkarnain Kadir usai menyerahkan bantuan kepada korban cuaca ekstrim di Kantor Kelurahan Puuwatu, kemarin.

Ia tak menyebut detail jumlah bantuan yang disalurkan. Yang jelasnya, kata Sulkarnain, bantuan yang diberikan nilainya bervariasi tergantung tingkat kerusakan hunian masyarakat.

Ia pun tak menampik jika bantuan yang diberikan belum bisa mengganti seluruh kerugian yang diderita masyarakat. Akan tetapi setidaknya bisa mengurangi beban masyarat. Apalagi saat ini masih dalam suasana pandemi Covid-19. “Bencana ini bukan sesuatu yang diharapkan. Tapi dalam kehidupan ada yang menentukan (bencana) yaitu Allah SWT. Dialah yang memiliki kehendak apa yang akan terjadi di daerah kita. Oleh karena itu, tugas kita hanya mengantisipasi, siap siaga dan berupaya untuk mengantisipasi jika terjadi bencana, termasuk penyaluran bantuan ini,” kata Sulkarnain. (b/ags)

  • Bagikan