Terminal Tipe B akan Dibangun di Mubar

  • Bagikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Muna Barat (Mubar) merintis pembangunan Terminal tipe B. Permohonan pembangunan yang diajukan kepada Dinas Perhubungan Sultra mendapat respon positif. Awal 2023 mendatang, Terminal tipe B akan dibangun di Mubar.

Kepala Dinas Perhubungan Mubar La Ode Hanafi mengatakan, usulan pembangunan Terminal tipe B yang telah diajukan masuk program prioritas Pemprov. Itu disepakati pada Musrembang tingkat provinsi yang dilaksanakan di Kota Baubau beberapa waktu lalu.

Pembangunan terminal akan ditangani langsung oleh Dinas Perhubungan Sultra. Pihaknya hanya sebatas mengusulkan dan menyiapkan lahan sebagai lokasi pendirian terminal. “Termasuk kebutuhan anggaran dan desainnya semua menjadi kewenangan provinsi. Yang pasti, rencana pembangunannya sudah ada dan bisa dicek langsung di Dishub dan Bappeda Sultra,” ungkapnya saat dikonfirmasi di pelataran Kantor Bupati Mubar, kemarin.

Untuk kesiapan lahan untuk membangun Terminal sudah tidak ada masalah. Pemkab Mubar menyiapkan lokasi di kawasan Tugu Persatuan, Desa Lagadi, Kecamatan Lawa. Dengan luas lahan sekira satu hektar. “Lahannya kita sudah serahkan ke provinsi lengkap dengan sertifikatnya. Sekarang ini tinggal pelaksanaan pembangunannya yang akan dilaksanakan oleh provinsi di 2023,” ucapnya.

La Ode Hanafi menjelaskan jika terminal tipe B sudah terbangun di Mubar maka penyelenggaraan angkutan antar kota dalam provinsi akan diatur regulasinya. Sehingga semua bisa tertata rapi dan bisa mendatangkan tambahan penghasilan bagi daerah.

“Kalau ada terminal maka pengguna jasa angkutan dari Kendari-Raha-Mubar-Buton Tengah- Baubau akan transit di Mubar. Khususnya transit untuk naik turun penumpang ke tujuan berikutnya,” terangnya.

“Akan tetapi semua skenario itu akan diatur oleh provinsi. Paling kita hanya memberikan masukan-masukan teknis sesuai kondisi peta geografis kita,” sambung Kadishub Mubar. (ahi/b)

  • Bagikan