Sandiaga Uno Puji Kemajuan Pariwisata Sultra

  • Bagikan
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno dalam sesi dialog bertema “Bincang Sante & Dinner Menparekraf Sandi Uno bersama Pegiat Parekraf Sulawesi Tenggara, di Kendari, beberapa Waktu lalu. (IST)
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) RI Sandiaga Salahuddin Uno dalam sesi dialog bertema “Bincang Sante & Dinner Menparekraf Sandi Uno bersama Pegiat Parekraf Sulawesi Tenggara, di Kendari, beberapa Waktu lalu. (IST)

-- Buka Rute Penerbangan, Pemprov Hibah Rp 2 Miliar

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID- Pariwisata Sulawesi Tenggara (Sultra) semakin menjadi primadona. Tiap tahun, pelancong domestik maupun mancanegara terus menunjukkan grafik peningkatan. Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparkaraf) Sandiaga Uno pun terkagum-kagum dengan destinasi wisata yang dimiliki jazirah Tenggara Sulawesi.

Sandiaga Uno memuji kemajuan pesat sektor pariwisata di Sultra. Salah satu Desa Wisata Labengki yang masuk daftar 50 desa wisata terbaik nasional dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024. Dengan pesona alam bawah lautnya, Sandiaga mengaku terkagum-kagum saat melakukan aktivitas diving.

“Labengki adalah desa wisata terakhir yang saya kunjungi dari 50 desa wisata terbaik nasional. Keindahan bawah lautnya luar biasa. Insya Allah, saya akan kembali berwisata di Sultra,” kata Sandiaga Uno kemarin.

Menparekraf menggarisbawahi perhatian serius pemerintah terhadap Kawasan Strategis Pariwisata Nasional (KSPN) Wakatobi. Kemenparekraf telah melakukan penataan di berbagai destinasi wisata di Wakatobi, termasuk Sombu Dive, Puncak Toliamba, Danau Kapota, dan Alun-Alun Merdeka.

"Penataan ini mencakup pembangunan berbagai fasilitas penunjang, seperti kios souvenir, dermaga, jalur pejalan kaki, menara pandang, dan plaza terbuka," jelasnya.

Penjabat (PJ) Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto memastikan dukungan terhadap KSPN Wakatobi. Sebagai bentuk komitmen, Pemprov telah memberikan hibah Rp 2 miliar kepada Pemkab Wakatobi guna mendukung pembukaan kembali rute penerbangan. Langkah ini bagian dari strategi Pemprov Sultra untuk meningkatkan kunjungan wisatawan ke Wakatobi.

“Kita optimistis dengan terbukanya rute penerbangan ini, kunjungan wisatawan ke Wakatobi akan semakin meningkat. Dukungan ini adalah bukti komitmen Pemprov Sultra dalam mengembangkan pariwisata di wilayah ini,” ujar Andap.

Rute penerbangan akan dilayani maskapai Super Air Jet dengan pesawat Airbus A320-200. Yang mana, dijadwalkan mulai beroperasi pada 31 Oktober 2024. Rute penerbangan Makassar-Wakatobi (UPG-WNI) akan beroperasi dua kali dalam semingu. Yakni setiap hari Senin dan Kamis. (c/rah)

  • Bagikan