FKIP Unsultra Beri Penguatan Pengembangan Pembelajaran Berbasis Digital

  • Bagikan
Suasana perkuliahan mahasiswa di Unsultra. (HUMASUNSULTRA FOR KENDARI POS)
Suasana perkuliahan mahasiswa di Unsultra. (HUMASUNSULTRA FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Dalam rangka implementasi program kompetensi kampus merdeka (PK-KM), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sulawesi Tenggara (FKIP Unsultra) melaksanakan lokakarya pengembangan kurikulum dengan tema pengembangan pembelajaran Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD). Kegiatan ini bernaksud untuk mengakomodasi penguatan literasi digital, di Hotel Claro Kendari, Sabtu (14/9) lalu.

Rektor Unsultra, Prof. Dr. H. Andi Bahrun,M.Si.,Agric., mengatakan bahwa kegiatan tersebut merupakan salah satu program PK-KM Prodi PGSD Unsultra, dan tindak lanjut dari program kegiatan tahun sebelumnya yaitu pengembangan kurikulum berbasis digital.

Kegiatan kali ini menghadirkan narasumber dari Universitas Negeri Makassar (UNM), dan akan menyusul workshop berikutnya dengan menghadirkan pemateri dari Universitas Gunadarma. “Kegiatan PK-KM tahun ini diikuti 10 mahasiswi sedang magang di Yogyakarta dan 10 orang magang di wilayah Sultra,” ujarnya.

Ia menjelaskan, bahwa kegiatan tersebut bertujuan untuk meningkatkan dan mengembangkan pembelajaran berbasis digital Unsultra. Bagi Unsultra pembelajaran digital sudah tidak bisa ditawar lagi. Pasalnya perkembangan teknologi saat ini sangat pesat, sehingga dibutuhkan orang-orang yang melek digital atau teknologi. Workshop ini tidak hanya diikuti oleh ketua program studi dan dosen FKIP tetapi juga diikuti oleh ketua program studi lain. “Selain itu, dalam kegiatan tersebut juga kami rangkaikan dengan Memorandum of Understanding (MoU) antara UNM dan Prodi yang ada di Unsultra, ini juga merupakan tindak lanjut dari MoU yang telah dilaksanakan antara Unsultra dan UNM sebelumnya,” jelas Prof Andi Bahrun.

Mantan Ketua Universitas Terbuka Kendari itu, juga menerangkan bahwa melalui kegiatan tersebut diriny berharap kepada semua Prodi yang mengikuti workshop ini agar benar-benar bisa mengembangkan kurikulumnya sesuai dengan kebutuhan saat ini dan masa depan. “Kami juga mengharapkan agar semua peserta yang mengikuti kegiatan tersebut segera dapat mentransfer ilmunya kepada teman-temannya atau dosen lainnya. Masifnya pengembangan kurikulum dan pembelajaran berbasis digital serta disesuaikan kebutuhan kekinian dan masa depan, kita yakin dan percaya Unsultra dapat menghasilkan lulusan yang berkompeten dan sesuai dengan kebutuhan pasar, tidak menganggur dan cepat mendapat pekerjaan dengan gaji yang layak,” terangnya.

Dekan FKIP Unsultra, Dr. Anidi,M.Si., M.S.I., M.H., mengapresiasi panitia pelaksana yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut. “Saya juga berterima kasih kepada panitia yang sudah bekerja keras sehingga kegiatan tersebut dapat terselenggara dengan baik,” ungkapnya. (win/b)

  • Bagikan