Pertumbuhan Ekonomi Konkep Terus Meningkat

  • Bagikan
Kepala Bappeda Konkep, Safiuddin Alibas. (IST)
Kepala Bappeda Konkep, Safiuddin Alibas. (IST)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kinerja duet Bupati Konawe Kepulauan (Konkep), H. Amrullah bersama Wakilnya, Andi Muhammad Lutfi dalam memimpin Bumi Pulau Kelapa tersebut, patut mendapat apresiasi. Berbagai pencapaian berhasil dilakukan. Mulai dari pembangunan jalan lingkar yang hampir tuntas, hingga meningkatkan pertumbuhan ekonomi masyarakat yang terus mengalami perbaikan.

Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konkep, Safiuddin Alibas, mengungkapkan, ada tiga sektor utama yang menjadi lokomotif pertumbuhan ekonomi daerah. Mulai dari bidang pertanian, kehutanan dan perikanan, sektor administrasi pemerintahan, pertahanan dan jaminan sosial wajib serta pertambangan dan penggalian.

“Alhamdulillah saat ini pertumbuhan ekonomi Konkep menunjukan tren perbaikan pasca pandemi Covid-19. Salah satunya pertambangan yang selama kurun waktu dua tahun terakhir ini berhasil memberikan kontribusi besar terhadap total produk domestik regional bruto (PDRB). Capaiannya Rp 185,21 miliar pada tahun 2022 dan Rp 192,60 miliar di tahun 2023,” sebut Safiuddin Alibas, kemarin.

Walaupun pertambangan memberikan kontribusi yang cukup besar, dia mengungkapkan, sektor pertanian masih menjadi penopang utama perekonomian Konkep. Akan tetapi sektor pertambangan menjadi sektor penting dalam memperkuat daya beli masyarakat.

“Masuknya tambang di Konkep memberi dampak cukup besar bagi perekonomian daerah dan masyarakat. Masyarakat memiliki daya beli dan konsumsi yang lebih besar,” ungkapnya.

Selain pertumbuhan ekonomi yang menunjukkan tren positif, peningkatan kualitas sumber daya manusia juga terlihat. Itu tercermin dari IPM Konkep yang terus naik setiap tahun.

“Indeks pembangunan manusia tahun 2022 ada diangka 66,69 persen dan 2023 meningkat jadi 67,32 persen. Itu mencerminkan adanya perbaikan dalam sektor pendidikan, kesehatan dan pendapatan,” sambungnya.

Safiuddin mengapresiasi peran penting Pemerintah Kabupaten dalam menjaga dan mengelola pembangunan serta investasi di Konkep.

“Tugas pemerintah adalah mendorong investasi agar dapat berjalan dengan aman dan nyaman, serta memastikan regulasi yang mendukung pertumbuhan ekonomi berkelanjutan,” ujarnya. (c/jib)

  • Bagikan