Rektor UHO Apresiasi Tiga Mahasiswa Berprestasi di Peksiminas 2024

  • Bagikan
Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., (dua dari kanan) bersama tiga mahasiswa UHO. (HUMAS UHO FOR KENDARI POS)
Rektor UHO, Prof. Dr. Muhammad Zamrun Firihu, S.Si., M.Si., M.Sc., (dua dari kanan) bersama tiga mahasiswa UHO. (HUMAS UHO FOR KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Tiga mahasiswa Universitas Halu Oleo (UHO), yaitu Muhammad Ulul Aidi, Lusiyana Satria, dan Hasby Fauzan Ode, berhasil meraih medali dalam ajang Pekan Seni Mahasiswa Nasional (Peksiminas) XVII tahun 2024 yang diselenggarakan di Universitas Negeri Jakarta pada 2 hingga 6 September lalu.

Ketua Kontingen Peksiminas UHO, Dr. Laode Asfahyadin Aliddin, SE., MM., menjelaskan bahwa Peksiminas adalah kompetisi seni bagi mahasiswa Indonesia yang diadakan oleh Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Kemendikbudristek, di mana UHO selalu berpartisipasi dalam ajang dua tahunan ini.

“Sebelum mengikuti Peksiminas, peserta harus melewati beberapa tahapan seleksi, yakni seleksi internal UHO pada Mei 2024, dan kemudian mengikuti Pekan Seni Mahasiswa Daerah (Peksimida) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara pada 24-25 Juli 2024. Setelah itu, mereka maju ke Peksiminas 2024. Dalam ajang tersebut, ada 15 kategori lomba, dan UHO mengirimkan 9 peserta yang bertanding dalam kategori menyanyi pop putri, menyanyi dangdut putri, menyanyi keroncong putra, baca puisi putra-putri, penulisan puisi, komik strip, fotografi kategori jurnalistik/ dokumenter, dan fotografi kategori artistik,” jelasnya.

Sekretaris Badan Pembina Seni Mahasiswa Indonesia (BPSMI) Provinsi Sulawesi Tenggara itu menambahkan, bahwa dalam ajang ini, tiga mahasiswa UHO berhasil meraih medali. Muhammad Ulul Aidi dari Program Studi Jurnalistik FISIP meraih medali emas untuk kategori fotografi jurnalistik/ dokumenter, Lusiyana Satria dari Program Studi Teknik Arsitektur FT UHO meraih medali emas dalam kategori komik strip, dan Hasby Fauzan Ode dari Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia FKIP meraih medali perunggu dalam kategori baca puisi putra. “Juara Umum I diraih oleh BPSMI Provinsi Jawa Tengah dengan 4 medali emas, 2 perak, dan 2 perunggu. Juara Umum II diraih oleh BPSMI Provinsi Jawa Barat dengan 4 medali emas, 1 perak, dan 1 perunggu, sementara Juara Umum III diraih oleh BPSMI Provinsi Sulawesi Tenggara, Kalimantan Timur, dan DKI Jakarta dengan 2 medali emas dan 1 perunggu,” jelasnya.

Ia juga menjelaskan bahwa berdasarkan perolehan medali dari asal universitas, UHO berada di peringkat kedua nasional, di bawah Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung yang meraih 3 medali emas. “Menurut informasi dari Rektor UHO, para peraih juara akan mendapatkan penghargaan. Juara I akan dibebaskan dari UKT selama 6 semester, sementara Juara III akan dibebaskan dari UKT selama 4 semester. Ini adalah bentuk apresiasi dari universitas bagi ketiga mahasiswa tersebut,” tambahnya.

Ia juga menyampaikan ucapan selamat dan apresiasi atas semangat dan perjuangan para mahasiswa atas pencapaian mereka. “Bagi yang berhasil menjadi juara, jangan berpuas diri, terus berlatih, dan asah kemampuan. Bagi yang belum berhasil meraih juara, jangan berkecil hati. Teruslah belajar dari pengalaman yang didapat, berlatih, mencari ilmu, dan mengasah kemampuan. Jadikan ini sebagai pemicu semangat untuk berprestasi di ajang kompetisi lainnya,” pungkasnya.(win/b)

  • Bagikan