Srikandi Visioner di Panggung Politik

  • Bagikan

--Peduli Sesama, Inspirator Kaum Perempuan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Nama Dessy Indah Rachmat di panggung politik Sulawesi Tenggara (Sultra) mulai diperhitungkan. Meski terbilang wajah baru, kapasitas Srikandi kelahiran Kendari 12 Desember 1983 ini di atas rata-rata. Pada Pemilihan Legislatif (Pileg) DPR RI lalu, perolehan politisi Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini mampu bersaing dengan politisi kawakan lainnya. Di kontestasi perdananya, Dessy Indah Rahmat berhasil meraup 42 ribu suara.

Kekuatan politik Dessy Indah Rachmat bukan saja terlihat pada perolehan suara. Istri Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gerindra Sultra ini punya sumbangsih besar dalam menjaga eksistensi partai besutan Prabowo Subianto di Bumi Anoa. Hasilnya, perolehan kursi parlemen Pileg 2024 meningkat. Di tingkat provinsi, Partai Gerindra menempatkan lima kursi dari sebelumnya hanya empat kursi. Di DPRD Kabupaten dan Kota, Gerindra meraup 48 kursi.

Pada Pileg 2019 lalu hanya 40 kursi. "Dukungan dan masukan dari istri saya adalah asupan energi kekuatan bekerja all out di tengah masyarakat. Prestasi Gerindra di pileg 2024 ini tak lepas dari peran istri saya," kata Andi Ady Aksar Ketua DPD Gerindra.

Dessy Indah Rachmat memulai karir politik dengan menahkodai Pembina Perempuan Indonesia Raya (PIRA) Sultra sebagai Ketua Dewan Penasehat. Mengelola aspirasi masyarakat khususnya kaum perempuan.

Menurutnya, perjalanan menuju bangsa yang berhasil, besar dan bermartabat, separuhnya terwujud lewat peran perempuan. Mereka mesti mampu berperan strategis di tengah segala kondisi masyarakat.

“Sejarah membuktikan, di saat kritis seringkali perempuan memiliki ketangguhan dan inisiatif untuk bangkit menopang keluarga dan akhirnya menyelamatkan masyarakat di lingkungannya,” kata Dessy Indah Rachmat.

Dessy Indah Rachmat mengorganisir PIRA menjadi penggerak sosial yang peduli terhadap masyarakat khususnya mereka yang membutuhkan uluran tangan. Ia memimpin ratusan perempuan PIRA, rutin menyalurkan bantuan sembako kepada masyarakat, panti asuhan, UMKM, anak jalanan dan lain-lain.

"Kepedulian terhadap sesama menjadi denyut nadi dalam pikiran politik saya. Hal itu tak lepas dari edukasi politik dari suami saya Ketua Gerindra Sultra Andi Ady Aksar," ujarnya.

Di pileg DPR RI 2024 lalu, ia bertarung. Sebagai srikandi pendatang baru di panggung politik, Ibu dari 4 anak ini mampu meraih kurang lebih 42 ribu suara. Bukan pencapaian yang mudah bagi politikus pemula.

"Dalam politik sebuah tantangan yang saya lalui, menjadi pembelajaran penting. Untuk menata langkah strategis ke depan agar lebih maju dan tercapai misi yang kita canangkan," tandas Dessy. (b/ali)

  • Bagikan