Wujudkan Akses Layanan Kesehatan Berkualitas

  • Bagikan
Bupati Wakatobi, H Haliana, SE saat menerima penghargaan UHC. (IST)
Bupati Wakatobi, H Haliana, SE saat menerima penghargaan UHC. (IST)

--100 Persen Warga Tercover BPJS

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Wakatobi meraih penghargaan dalam Universal Health Coverage (UHC) Award 2024 dari Wakil Presiden R e - publik Indonesia (RI) bertempat di Jakarta, 8 Agustus 2024 lalu. Pencapaian ini layak diapresiasi. Dengan ini mimpi Bupati Wakatobi, H Haliana mewujudkan masyarakat Wakatobi miliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan yang berkualitas telah terealisasi.

H Haliana saat menerima penghargaan tersebut mengatakan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi terus mendukung peny elengga - raan program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang telah berjalan dalam satu dekade terakhir. Hal ini dibuktikan dengan tercapainya UHC di Kabupaten Wakatobi sejak tahun 2019 yang lalu.

Pemerintah Wakatobi telah mengintegrasikan jaminan Kesehatan penduduknya melalui program JKN mulai 1 Januari 2016 dan berhasil meraih UHC. “Dan alhamdulillah 100 persen penduduk Wakatobi tahun 2024 telah terdaftar sebagai peserta JKN,” terang H Haliana.

Bupati Wakatobi, H Haliana sering berkunjung ke pulau Kaledupa, Tomia dan Binongko. Saat ke Tomia ia disambung hangat oleh masyarakat setempat

Dukungan pemerintah terhadap program JKN dalam mewujudkan UHC merupakan amanah undang undang dan suatu bentuk komitmen pemerintah daerah dalam mendukung implementasi program strategi nasional di tingkat daerah. Tidak hanya itu, pencapaian UHC merupakan upaya untuk mewujudkan cita-cita pembangunan di bidang kesehatan.

“Ini juga sejalan dengan visi dan misi Pemkab Wakatobi yakni merdeka sehat. Sebanyak 117.630 jiwa penduduk Wakatobi sudah menjadi peserta JKN. Dan sudah menjadi kewajiban pemerintah untuk memastikan agar hal tersebut terus berkesinambungan dengan memastikan ketersediaan anggaran APBD Wakatobi untuk program jaminan kesehatan khususnya bagi penduduk yang telah didaftarkan oleh pemerintah daerah,” tambahnya.

program JKN tersebut telah memudahkan akses layanan kesehatan bagi masyarakat. Kemudian menekan angka kemiskinan karena dengan adanya program JKN dapat mengurangi biaya kesehatan. Selain itu, pembayaran biaya pelayananKesehatan yang rutin dibayarkan setiap bulan dari BPJS Kesehatan secara tidak langsung juga dapat meningkatkan pendapatan daerah.

Sekadar diketahui, UHC merupakan sistem penjaminan kesehatan yang memastikan setiap warga dalam populasi memiliki akses yang adil terhadap pelayanan kesehatan promotif, preventif, kuratif dan rehabilitatif yang bermutu. Kabupaten Wakatobi telah berkomitmen dalam keberhasilan mendukung program BPJS, merealisasikan pendaftaran 100 persen penduduk Wakatobi menjadi peserta BPJS dengan tanpa cacat negative serta tingkat keaktifan yang tinggi. masyarakat Wakatobi telah dijamin sepenuhnya oleh Pemkab Wakatobi dalam memperoleh layanan Kesehatan Gratis yang tertuang dalam program unggulan Wakatobi Sentosa yakni Merdeka Sehat. (b/thy)

  • Bagikan