Pentingnya Vaksin Polio Terhadap Anak

  • Bagikan
Pemberian vaksin polio tetes kepada anak yang disaksikan Sekda Muna, Eddy Uga (IST)
Pemberian vaksin polio tetes kepada anak yang disaksikan Sekda Muna, Eddy Uga (IST)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kabupaten Muna melalui Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Muna menggelar pencanangan Pekan Imunisasi Nasional (PIN) polio di SDN 6 Katobu, Kecamatan Katobu. Pelaksana tugas (Plt)

Bupati Muna, Bachrun Labuta melalui Sekretaris Daerah (Sekda) Muna, Eddy Uga mengatakan kegiatan ini menjadi bukti dan komitmen nyata dalam menjaga kesehatan anak-anak dan melindungi dari penyakit yang dapat dicegah.

“Imunisasi bukan hal baru bagi kita, tetapi keberlangsungan program ini sangat penting. Untuk memastikan generasi masa depan tumbuh dan berkembang tanpa terhalang penyakit. Kita ikut berperan dalam membasmi penyakit yang akan mengencam kesehatan masyarakat Muna,” kata Eddy Uga.

Ia menambahkan, meski kasus polio telah menurun secara signifikan, tetapi penting untuk tetap waspada serta melalukan upaya pencegahan. Termasuk, mendukung program imunisasi dan menjaga kebersihan lingkungan dan menghindari kontak batin dengan penderita penyakit menular. Penting juga, untuk terus mengedukasi masyarakat tentang pentingnya imunisasi dan mencegah terjadinya polio.

“Saya juga mengapresiasi Dinas Kesehatan, Puskesmas Katobu, SDN 6 Katobu dan orang tua yang terlibat dalam menyukseskan kegiatan ini,” tambahnya.

Plt. Kepala Dinkes Muna, Samudra Taufik menjelaskan target di Muna sasaran vaksin polio sebanyak 30.000 anak usia 0 bulan sampai 7 tahun. “Ini tantangan bagi kita, karena tingkat kesadaran masyarakat Muna masih kurang berkaitan dengan imunisasi ini. Rata-rata masyarakat masih trauma dengan Covid 19, sehingga cakupan imunisasi rutin yang setiap bulan dilaksanakan masih kurang,” jelasnya.

Untuk kelancaran imunisasi ini, sebelumnya pihaknya sudah melakukan konsolidasi serta menindaklanjuti surat edaran Gubernur Sultra dan membuat surat edaran bupati terkait sosialisasi PIN polio ini.

“Kita berharap, masyarakat Muna yang memiliki anak yang menjadi sasaran PIN polio, untuk beramai-ramai ke posko yang telah ditentukan di wilayah masing-masing. Kita juga meminta semua stakeholder dapat membantu mengedukasi masyarakat Muna agar program nasional ini dapat berjalan sukses di Muna,” pungkasnya. (deh/b)

  • Bagikan