Bebaskan Sultra dari Penyakit Polio

  • Bagikan

--Siapkan 400 Ribu Dosis di Pekan Vaksinasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Kasus Polio sempat membuah heboh tanah air. Pasalnya, kasus lumpuh layu cukup lama tak terdeksi. Meski belum ditemukan kasus baru di Sulawesi Tenggara (Sultra), namun Pemerintah Provinsi (Pemprov) mulai melakukan langkah proteksi. Juli mendatang, Dinas Kesehatan (Dinkes) Sultra akan melakukan vaksinasi polio secara massal. Ini bagian program pekan vaksinasi nasional.

Kepala Dinkes Sultra Usnia mengungkapkan pelaksanaan imunisasi polio ini merupakan bagian dari upaya pencegahan penyakit polio di Sultra. Sesuai jadwal, pelaksanaannya akan dimulai tanggal 23 sampai dengan 29 Juli mendatang.

"Pelaksanaan vaksinasi polio ini akan kita lakukan di seluruh kabupaten dan kota," ujar Usnia ketika ditemui di kantor Sekretariat Provinsi (Setprov) Sultra, Senin (24/6).

Hj. Usnia, Kepala Dinkes Sultra

Sasaran vaksinasi lanjutnya, diperuntukkan bagi anak usia 0 hingga 7 tahun. Saat ini, pihaknya telah mendapatkan 419.762 dosis vaksin. Vaksinasi ini dilakukan sebagai upaya preventif.

"Kami berharap partisipasi aktif dari masyarakat untuk mengikuti pekan imunisasi nasional ini. Kami juga mengajak seluruh stakeholder terkait untuk turut mendukung pelaksanaan vaksinasi polio ini," imbau Usnia.

Untuk memastikan kelancaran program ini, Dinkes Sultra tengah melakukan koordinasi dengan seluruh kabupaten dan kota di wilayahnya. Vaksin polio akan dikirim langsung dari pusat ke Dinkes Provinsi, yang kemudian akan didistribusikan ke seluruh kabupaten dan kota. Selain itu, pelaksanaan imunisasi juga akan melibatkan berbagai fasilitas kesehatan seperti posyandu, puskesmas dan rumah sakit.

"Petugas vaksinasi saat ini sedang berkoordinasi dengan Pemda. Dengan adanya program ini, diharapkan seluruh anak-anak usia 0-7 tahun di Sultra dapat terlindungi dari penyakit polio, sekaligus menciptakan masyarakat yang lebih sehat dan bebas dari polio," pungkasnya (b/rah)

  • Bagikan