Harmin Janjikan Kredit Nol Persen Bagi UMKM

  • Bagikan
Pj Bupati Konawe Harmin Ramba (kiri) dan Direktur Utama (Dirut) BPR Bahteramas Konawe Ahmat (kanan) dalam sebuah kegiatan. (IST)
Pj Bupati Konawe Harmin Ramba (kiri) dan Direktur Utama (Dirut) BPR Bahteramas Konawe Ahmat (kanan) dalam sebuah kegiatan. (IST)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Bupati Konawe Harmin Ramba sangat peduli terhadap keberlangsungan ekonomi masyarakat yang ia pimpin. Teranyar, Pj Bupati Harmin menunjukkan kepeduliannya terhadap para pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) di otorita setempat. Ia berencana menelorkan program kredit usaha dengan nol persen bunga pinjaman bagi pelaku UMKM di Konawe.

Pj Bupati Harmin menerangkan, UMKM memiliki peran penting dalam menciptakan lapangan kerja, meningkatkan pendapatan masyarakat, serta mendorong pertumbuhan ekonomi yang inklusif. Orang nomor 1 di Kabupaten Konawe itu meyakini, lewat program tersebut, pelaku UMKM dapat lebih mengembangkan usahanya tanpa harus terbebani dengan bunga pinjaman yang tinggi.

Pj Bupati Harmin mengatakan, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe akan menggandeng Bank Perekonomian Rakyat (BPR) Bahteramas Konawe untuk merealisasikan program kredit nol persen bunga pinjaman bagi pelaku UMKM setempat.

“Program tersebut merupakan bentuk komitmen Pemkab untuk mendukung pertumbuhan UMKM di Konawe. Kami atas nama pemerintah daerah akan terus melakukan berbagai upaya untuk memajukan UMKM dan memberikan dorongan kepada para pelaku UMKM untuk terus berkembang,” ujar Pj Bupati Harmin kepada Kendari Pos, Selasa (18/6/2024).

Mantan Camat Abuki itu menuturkan, sebagai langkah awal nantinya, program kredit nol persen bunga pinjaman itu, bakal menyasar 2.000 pelaku UMKM di daerah berjuluk lumbung beras Sultra tersebut. Dalam skemanya kedepan, para pelaku UMKM yang mengajukan kredit ke BPR Bahteramas Konawe, hanya dibebankan pengembalian sesuai pinjaman pokoknya saja.

“Jadi tidak ada bunganya, alias nol persen. Bunga pinjamannya itu, kita yang subsidi. Jadi, Pemkab Konawe yang bayarkan,” ungkap Pj Bupati Harmin Ramba.

Kepala Badan Kesbangpol Sultra itu menambahkan, subsidi yang diberikan Pemkab Konawe dalam program kredit nol persen bagi tersebut, dimaksudkan agar pelaku UMKM terus survive tanpa harus memikirkan utang dengan pihak perbankan. Dengan demikian, para pelaku UMKM bisa berpikir untuk lebih meningkatkan usahanya. Bahkan, menyerap tenaga kerja didalam usaha yang dilakoninya.

“Kita menginginkan para pelaku UMKM dapat meningkatkan usahanya secara maksimal. Insyaallah kita akan berikan bantuan modal usaha atau kredit kepada UMKM. Misalnya penjual kue, bakso, penjual sayur, dan lainnya sebesar Rp 1-10 juta per UMKM,” ungkap Pj Bupati Harmin.

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) BPR Bahteramas Konawe, Ahmat mengapresiasi Pemkab yang bakal menelorkan program kredit nol persen bunga pinjaman bagi pelaku UMKM di wilayah itu. Terlebih, Pemkab juga mempercayakan BPR Bahteramas Konawe sebagai unit layanan perbankan yang bakal menyalurkan program tersebut.

“Program kredit nol persen bunga pinjaman bagi UMKM digagas oleh Pj Bupati Konawe Harmin Ramba. BPR Bahteramas Konawe sangat mendukung program ini. Dan kedepannya, kami berkomitmen meningkatkan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat Konawe,” ujar Ahmat.

Ia menyebut, BPR Bahteramas Konawe bakal menambah 2 kantor kas. Tepatnya di Kecamatan Abuki, serta di wilayah Asaki Raya. Dimana sebelumnya, BPR Bahteramas Konawe sudah memiliki 3 kantor kas. Yakni, di Kecamatan Unaaha, Pondidaha, dan Kecamatan Soropia.

Dengan adanya penambahan kantor kas BPR Bahteramas Konawe, Ahmat yakin hal itu dapat mempercepat akses pelayanan masyarakat. Entah itu terhadap Kredit Usaha Rakyat (KUR) maupun pinjaman atau kredit nol persen bagi pelaku UMKM.

“Kolaborasi Pemkab Konawe dengan semua pihak, termasuk BPR Bahteramas Konawe dalam menjalankan program pembangunan, merupakan hal yang sangat baik. Sehingga kedepan, Konawe harus lebih baik demi masyarakat yang sejahtera,” tandas Ahmat. (adi/b)

  • Bagikan