Rp 7 Miliar APBD untuk Bantuan Pendidikan

  • Bagikan
Nurmasi
Nurmasi

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi kembali mengalokasikan anggaran untuk Program Merdeka Belajar dari Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) sebesar Rp 7 miliar. Pendaftaran untuk memperoleh beasiswa pendidikan itu dibuka Februari dan akan diperpanjang bila jumlah pelamar belum memenuhi kuota.

Menurut Koordinasi Pengelola Beasiswa Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wakatobi Program Merdeka Belajar, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Wakatobi, Nurmasi menjelaskan untuk semua Program Merdeka Belajar tahun ini menelan biaya lebih Rp 7 miliar. Di antaranya, program untuk beasiswa prestasi tingkat SD dan SMP, beasiswa prestasi untuk tingkat mahasiswa, bidikmisi dan pengadaan baju khas tenun daerah.

“Kita sudah mulai buka pendafataran untuk semuanya di awal tahun lalu. Rencana akan dicairkan lebih awal dibanding tahun-tahun sebelumnya,” ujarnya.

Ia berharap program ini dimandatkan sebaik mungkin. Apalagi pihak panitia sudah melalukan sosialisasi bahkan door to door. Agar informasi yang disampaikan bisa didengar ke telinga masyarakat khususnya orang tua pelajar maupun mahasiswa.

“Jadi kalau misalnya kuota masih mencukupi nanti akan kita perpanjang. Karena kita sudah lakukan sosialisasi makanya kita usahakan tahun ini memenuhi kuota. Kita sesuaikan dengan anggaran kita,” pungkasnya. (thy/b)

  • Bagikan