Sukses Rakornas PINBAS MUI di Kendari

  • Bagikan
pose bersama peserta rakernas, pengurus MUI dan PINBAS berikut panitia kegiatan, usai penutupan rakernas.
pose bersama peserta rakernas, pengurus MUI dan PINBAS berikut panitia kegiatan, usai penutupan rakernas.

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) Pusat Inkubasi Bisnis Syariah (PINBAS) yang digelar selama tiga hari di Kendari, sukses terlaksana. Kegiatan ini ditutup Sekretaris Jenderal (Sekjen) Majelis Ulama Indonesia (MUI), Buya Amirsyah Tambunan, Jumat (10/5) malam.

Selain memberikan apresiasi kepada penyelenggara, yaitu Majelis Ulama Indonesia(MUI) Sultra, yang di support Pemprov Sultra, Buya juga menggaris bawahi dua hal dalam Rakornas ini.

para pengurus PINBAS MUI Sultra saat dilantik.
para pengurus PINBAS MUI Sultra saat dilantik.

"Pertama, setiap kali memutuskan program, kita tidak pernah terbayang uangnya dari mana. Tapi kita jalan saja. Namanya ini 'harakah' atau gerakan untuk umat. Gerakan ini harus terus kita lakukan. Filosofi gerakan kita jangan seperti gasing, pasti kita pusing. Tapi filosofi gerakan kita seperti dinamo yang mana, memiliki sistem untuk menggerakkan semua lini sehingga bisa bergerak,” ucapnya.

“Nah, kalau gerakan kita harus ada uang dulu baru bergerak, itu sama halnya sistem birokrasi. Di MUI, kita balik logikanya, bergerak dulu uang akan ikut dengan sendirinya,” optimisnya.

“Kedua, bangun kekuatan dengan kemitraan sehingga sinergi terwujud yang muaranya untuk kemaslahatan umat,” katanya mengakhiri sambutan dalam penutupan Rakornas.

Direktur PINBAS MUI Sultra, Asrul Tanjung yang membacakan rekomendasi Rakornas PINBAS di Sultra menjelaskan tentang pentingnya mengislamisasikan produk, membuat rumah inkubasi dan pemasaran dan refocusing pada produk unggulan.

"Rakor tahun depan sesuai kesepakatan, Insya Allah akan dilakukan di Kalimantan Timur. Semoga tidak ada halangan," harapnya.

Ketua Umum MUI Sultra, KH. Mursyidin juga menyampaikan terima kasih kepada seluruh peserta Rakornas PINBAS MUI Sultra di Kendari. "Semoga rakornas ini memberikan kesejahteraan bagi ekonomi ummat," imbuhnya.

Moment Rakornas PINBAS MUI ini, juga dirangkai dengan pelantikan pengurus baru PINBAS MUI Sultra dan Kalimantan Timur. Adapun Ketua PINBAS MUI Sultra terpilih adalah Adianto Saputra, yang merupakan pelaku usaha sukses di Kendari.

Selain itu, puluhan UMKM binaan LPPOM MUI Sultra, juga meramaikan ekspo yang digelar bersamaan dengan Rakornas.

Kegiatan ini di sponsori oleh Bank Indonesia Kendari, Polda Sultra, Bank Sultra dan Bank Muamalat. (lis/adv)

  • Bagikan