Targetkan Nilai SPBE di Angka Tiga

  • Bagikan
Kepala Diskominfo Sultra Ridwan Badala dan Kepala Diskominfo Kendari Nismawati menyambangi KIM Graha Asri yang akan mewakili Sultra di tingkat nasional.
Kepala Diskominfo Sultra Ridwan Badala dan Kepala Diskominfo Kendari Nismawati menyambangi KIM Graha Asri yang akan mewakili Sultra di tingkat nasional.

Diskominfo Kendari Terus Lakukan Perbaikan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari melalui Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengupayakan perbaikan SPBE (Sistem Pemerintahan Berbasis Elektronik). Itu disampaikan Asisten Administrasi Umum Setda Kota Kendari Makmur saat memimpin evaluasi SPBE belum lama ini.

Sekretaris Dinas Kominfo Kota Kendari, Sri Nursam Dewi bersama jajarannya

Makmur meminta pada sejumlah OPD yang belum melengkapi kebutuhan data untuk evaluasi SPBE. “Data dukung yang diminta oleh Asesor Nasional harus disiapkan,” ungkapnya.

Menurutnya, data dukung yang dibutuhkan diantaranya, Screenshot Aplikasi, Perwali, SOP dan demo aplikasi tersebut.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Kendari Nismawati mengungkapkan, pihaknya menargetkan nilai SPBE berada diangka tiga. Salah satu upaya yang dilakukan yakni menindaklanjuti hasil review Kementerian PANRB terkait SPBE Kota Kendari.

Menurutnya, ada beberapa data dukung yang diminta belum dilampirkan, karena dalam penilaian SPBE ini ada beberapa tahapan.

“Tahapan pertama adalah penilaian mandiri itu dilakukan oleh tim asesor internal, jadi kita bisa menilai tim asesor itu terdiri dari beberapa OPD yang bisa menilai sendiri sudah sampai dimana SPBE nya,” ungkapnya.

Mantan Kadis DLHK ini menambahkan, dari empat penilaian evaluasi SPBE yaitu kebijakan, tata kelola, manajemen, dan layanan. Yang tertinggi di Kota Kendari yaitu domain layanan, karena rata-rata aplikasi di setiap OPD sudah berfungsi.

Sedangkan poin terendah, kata Nismawati, berada di kebijakan dan tata kelola. “Kebijakan sudah bisa mencapai poin tiga, sedangkan ditata kelola dan manajemen, beberapa dokumen masih harus disiapkan dan dianggarkan,” ungkapnya.

“Saya harap tahun ini kita mendapatkan nilai bagus karena tahun kemarin kita mendapatkan posisi 2,01 dan kalau bisa tahun ini kita mendapatkan posisi di angka tiga,” pungkasnya. (ags/adv)

  • Bagikan