Jaga Pasokan dan Harga Pangan Jelang Idulfitri

  • Bagikan
JAMIN KETERSEDIAAN : Bupati Konsel H Surunuddin Dangga bersama jajaran pejabat lingkup Kabupaten Konawe Selatan mengikuti apel siaga pengamanan pasokan dan harga pangan jelang Idul Fitri 2024. (I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Menghadapi hari besar keagamaan nasional (HBKN), khususnya jelang Idulfitri tahun 2024 ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) mengikuti apel siaga pengamanan dalam menjaga stabilisasi pasokan dan harga pangan secara virtual meeting di kantor Camat Laeya, Senin (1/4).

Pemkab Konsel melalui Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) menegaskan, langkah tersebut sejalan untuk memastikan agar pasokan dan harga pangan terjaga baik di masyarakat. Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga didampingi Sekretaris Kabupaten, Hj. St. Chadidjah dan para Forkopimda, hadir dalam kegiatan tersebut.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan Konsel, Setia Ningsih Mangidi, mengatakan, apel siaga tersebut diikuti seluruh stakeholder. Mulai dari tingkat pusat dan daerah pada 38 provinsi dan 514 kabupaten/kota di Indonesia.

“Pemkab Konsel bersama stakeholder terkait terus berupaya memastikan kestabilan harga dan stok pangan tetap aman menjelang hari raya Idulfitri 1445 Hijriah,” ungkapnya, kemarin.

Setia Ningsih Mangidi memastikan, masyarakat akan mendapatkan kebutuhan pokok dan bisa memersiapkan perayaan lebaran dengan baik. Operasi pasar akan dilakukan, di Kecamatan Laeya. “Dititik ke-13 ini, operasi pasar murah Ramadan kami menyediakan bahan pokok berupa beras, telur, minyak, gula dan terigu dengan harga terjangkau. Harapannya. pasar murah ini dapat membantu memenuhi kebutuhan dasar rumah tangga. Semoga berkah,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Konsel, H. Surunuddin Dangga, menekankan, pihaknya terus berupaya memastikan ketersediaan pasokan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat melalui operasi pasar dan Gerakan Pangan Murah (GPM). Kebijakan tersebut sebagai bentuk kepedulian Pemkab terhadap kebutuhan pangan masyarakat Konsel. GPM dilaksanakan pada 25 kecamatan yang ada di kabupaten tersebut.

Program ini tak hanya mendukung pengendalian inflasi di daerah, namun juga bentuk pelayanan ke masyarakat. Menyediakan bahan pangan pokok dengan harga terjangkau selama bulan suci Ramadan, Idulfitri, dan hari besar keagamaan lainnya,” ujarnya. Surunuddin ingin masyarakat menjalani hari raya Idulfitri 1445 Hijriah tahun 2024 ini dengan sukacita. Olehnya itu, pemerintah melakukan subsidi terhadap sejumlah bahan pokok. “Kalau untuk menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi, mungkin belum. Tapi harapan kita, mampu mengurangi beban, utamanya terkait bahan pokok ini,” tandasnya. (b/ndi)

  • Bagikan