Surunuddin Peduli Kebutuhan Pangan Masyarakat

  • Bagikan
Bupati Konsel Surunuddin Dangga (kanan) menyerahkan bahan pangan kepada perwakilan masyarakat dalam acara Operasi Pasar dan Gerakan Pangan Murah (GPM) selama bulan suci Ramadan. GPM akan digelar pada 25 kecamatan se-Kabupaten Konsel. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)
Bupati Konsel Surunuddin Dangga (kanan) menyerahkan bahan pangan kepada perwakilan masyarakat dalam acara Operasi Pasar dan Gerakan Pangan Murah (GPM) selama bulan suci Ramadan. GPM akan digelar pada 25 kecamatan se-Kabupaten Konsel. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Pangan merupakan kebutuhan dasar utama yang harus dipenuhi. Olehnya itu Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Konawe Selatan (Konsel) terus berupaya memastikan ketersediaan pasokan dengan harga yang terjangkau bagi masyarakat melalui operasi pasar dan Gerakan Pangan Murah (GPM).

Operasi pasar dan Gerakan Pangan Murah (GPM) yang digelar Pemkab Konsel sebagai bentuk kepedulian Bupati Konsel Surunuddin Dangga akan kebutuhan pangan masyarakat Konsel. GPM akan dilaksanakan di 25 kecamatan se-Kabupaten Konsel.

Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan program tersebut tak hanya mendukung pengendalian inflasi di daerah namun juga bentuk pelayanan ke masyarakat. Menyediakan bahan pangan pokok dengan harga terjangkau selama bulan suci Ramadan dan hari besar keagamaan lainnya.

"Tujuannya menyediakan akses bahan pangan pokok dengan harga terjangkau bagi masyarakat. Kemudian meningkatkan ketersediaan dan distribusi bahan pangan secara merata di wilayah kabupaten Konawe Selatan," ujar Bupati Surunuddin Dangga kepada Kendari Pos, Minggu (24/3/2024).

Bupati Konsel Surunuddin Dangga (berdiri, tengah) dalam acara Gelar Operasi Pasar dan Gerakan Pangan Murah (GPM) selama bulan suci Ramadan dan hari besar keagamaan nasional lainnya. (I NGURAH PANDI SANTOSA / KENDARI POS)

Bupati Surunuddin ingin masyarakat menjalani hari raya Idulfitri 1445 Hijriah tahun 2024 ini dengan suka cita. Olehnya itu, pemerintah melakukan subsidi terhadap sejumlah bahan pokok. "Kalau menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang dihadapi mungkin belum, tapi harapan kita mampu mengurangi permasalahan utamanya terkait bahan pokok ini," ungkapnya.

Bupati Konsel 2 periode itu menjelaskan, hal itu bukan hanya sekedar mengendalikan inflasi tetapi bentuk kehadiran pemerintah di tengah-tengah masyarakat. "Periode awal kita fokus membangun konektivitas antar wilayah, termasuk akses pasar. Kini kita mendorong peningkatan kesejahteraan masyarakat. Tidak boleh ada masyarakat yang kelaparan," tuturnya.

Sementara itu, Asisten II Bidang Perekonomian dan Pembangunan Setkab Konsel, Mudianto mengungkapkan program operasi pasar dan GPM menyasar masyarakat kurang mampu yang rentan terhadap kenaikan harga bahan pangan pokok.

"Harapannya, kegiatan ini dapat berkontribusi terhadap pengendalian inflasi dan peningkatan kesejahteraan masyarakat. Bahan pokok yang disediakan yakni beras, gula, minyak goreng, telur, tepung terigu dengan harga terjangkau dan kualitas terjamin," ujar Mudianto. (ndi/b)

  • Bagikan