Ekonomi Tumbuh Positif Inflasi Terkendali

  • Bagikan
Penjabat (Pj) Bupati Kolaka, Andi Makkawaru
Penjabat (Pj) Bupati Kolaka, Andi Makkawaru

--Momen HUT, Andi Makkawaru Ajak Semua Elemen Sinergi Membangun Kolaka

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Ekonomi Kabupaten Kolaka tumbuh positif. Pertumbuhannya mencapai 2,42 persen. Meski masih berada di bawah pertumbuhan ekonomi rata-rata nasional, namun untuk level daerah, angka tersebut, terbilang cukup tinggi.

Tak hanya itu, angka inflasi juga menunjukan tren menggembirakan alias terkendali. Angka inflasi year on year tahunan (IHK Januari 2024 dibanding Januari 2023) sebesar 2,89 persen, dan inflasi month to month bulanan (IHK Januari 2024 dibanding Desember 2023) sebesar 0,16 persen. Angka itu masih termasuk dalam status kondisi harga terkendali.

Ekonomi tumbuh dan inflasi terkendali menjadi "kado" istimewa dalam momen peringatan hari jadi Kabupaten Kolaka ke-64 tahun. Informasi tentang kondisi ekonomi, inflasi daerah dan hal lainnya, disampaikan Penjabat (Pj) Bupati Kolaka, Andi Makkawaru saat rapat paripurna istimewa DPRD Kabupaten Kolaka dalam rangka memperingati HUT ke-64 Kabupaten Kolaka, Rabu (28/2).

Dihadapan para legislator Kabupaten Kolaka, Andi Makkawaru membeberkan capaian atau kesuksesan Pemkab Kolaka. "Pertumbuhan ekonomi Kolaka mencapai 2.42 persen. Inflasi juga masih terkendali," ujarnya.

Kepala DLH Sultra itu juga menjelaskan, angka Kemiskinan Kolaka berada di angka 11.51 persen, indeks pembangunan manusia tahun 2023 tercatat sebesar 74.72 Poin atau meningkat dari angka tahun 2022 sebesar 73.98 poin.

"Tingkat pengangguran terbuka tahun 2023 tercatat sebesar 3.36 persen. Angka ini menunjukan, adanya penurunan jumlah pengangguran, dibandingkan tahun 2022 yang tercatat sebesar 4.17 persen," jelasnya.

Andi Makkawaru meminta seluruh SKPD Pemkab Kolaka, agar tidak berpuas diri dengan capaian tersebut. Dirinya menginstruksikan agar menjalankan program kegiatan dengan lebih efektif. Sehingga, capaian indikator makro kinerja tidak mengalami penurunan di masa kepemimpinannya.

"Hal ini, akan menjadi landasan untuk proses perencanaan dan penyusunan dokumen RPJMD Kabupaten Kolaka periode berikutnya, setelah terpilih kepala daerah hasil pilkada mendatang.

Saya sangat berharap, kita semua dapat terus bersinergi dan berkolaborasi dalam proses penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan pembinaan kemasyarakatan dalam masa transisi yang diamanahkan kepada saya. Saya yakin sinergi dan kolaborasi, akan menciptakan suasana kondusif dan dapat menghasilkan prestasi," optimisnya.

Baru Sebulan Pimpin Kolaka

Andi Makkawaru baru sekitar satu bulan menjadi pemimpin sementara di Kabupaten Kolaka. Meski demikian, ia telah menunjukkan komitmennya, untuk melaksanakan dengan baik amanah yang diberikan kepadanya.

"Sebagai penjabat yang ditunjuk untuk menjadi kepala daerah di masa transisi ini, beberapa arahan utama dan atensi yang disampaikan oleh Presiden Republik Indonesia dan Gubernur Sulawesi Tenggara dalam sinkronisasi penyelenggaraan pemerintahan dan pembangunan daerah telah saya laksanakan. Adapun atensi dan arahan itu adalah menjaga pertumbuhan ekonomi dan stabilitas harga guna mengendalikan laju inflasi, penguatan investasi dan hilirisasi serta kemudahan perizinan berusaha, penyelesaian stunting dan kemiskinan ekstrem dan penciptaan stabilitas dan keamanan di tahun politik," ungkap Andi Makkawaru.

Dalam kesempatan tersebut, Andi Makkawaru juga meminta dukungan semua pihak, agar dirinya dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya.

"Alhamdulillah, salah satu tugas telah terlaksana dengan sukses di Kabupaten Kolaka, yakni proses Pemilu serentak 14 Februari lalu. Saya mengucapkan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh komponen di Kabupaten Kolaka, yang telah bersama-sama mensukseskan dan menyalurkan aspirasinya dengan baik. Sehingga pemilu berlangsung aman, lancar dan demokratis. Semoga di pilkada serentak November mendatang, juga dapat terlaksana dengan baik, aman dan lancar," harapnya.

Terkait HUT ke-64 Kabupaten Kolaka, Andi Makkawaru mengatakan, perayaan ulang tahun kali ini bukan hanya tentang usia yang semakin matang, tapi juga tentang pencapaian dan perjalanan panjang yang telah dilalui bersama. Menurutnya, Kabupaten Kolaka telah tumbuh dan berkembang menjadi tempat yang nyaman, penuh potensi, dan penuh harapan.

"Tentu, capaian ini tidak terlepas dari kerja keras, dedikasi, dan kolaborasi semua pihak. Baik pemerintah daerah, DPRD, masyarakat, hingga sektor swasta. Bersama-sama, kita telah menghadapi berbagai tantangan dan berhasil menjadikannya peluang untuk memperkuat dan membangun Kabupaten Kolaka," tuturnya.

Andi Makkawaru optimis, Kabupaten Kolaka tetap menjadi daerah yang inklusif, adil, dan berkelanjutan bagi setiap warganya. Menurutnya, rasa cinta dan memiliki terhadap Kolaka, harus terpatri dalam dada semua. Itu tercermin dalam sikap dan terwujud dalam setiap diri pribadi masyarakat Kabupaten Kolaka.

"Rasa cinta dan bangga ini, harus termanifestasi dalam kerja keras, kerja ikhlas, kerja cerdas dan kerja berkualitas untuk kemajuan Wonua Mekongga yang kita banggakan ini," terangnya. Tema HUT ke-64 Kabupaten Kolaka tahun 2024 adalah Bersama Wujudkan Kabupaten Kolaka Bersih, Aman, Nyaman, Gemilang, dan Unggul.

Tema ini memiliki makna strategis dan relevan dalam upaya meningkatkan kemajuan dan daya saing daerah, yang bermuara pada peningkatan kesejahteraan masyarakat Kabupaten Kolaka. (fad/b)

KOLAKA DALAM ANGKA

1.PERTUMBUHAN EKONOMI
2,42 PERSEN

2.INFLASI
2,89 PERSEN

3.ANGKA KEMISKINAN
11,51 PERSEN

4.INDEKS PEMBANGUNAN MANUSIA (IPM)
74,72 POIN (MENINGKAT DARI ANGKA TAHUN 2022 SEBESAR 73.98 POIN)

5.PENGANGGURAN TERBUKA
3.36 PERSEN (terjadi penurunan jumlah pengangguran, dibanding tahun 2022 sebesar 4.17 persen)

ATENSI PERINTAH PUSAT
-Menjaga pertumbuhan ekonomi
-Mengendalikan laju inflasi
-Penguatan investasi dan hilirisasi
-Beri kemudahan perizinan berusaha
-Penyelesaian stunting dan kemiskinan ekstrem
-Sukseskan Pemilu serentak

HUT KOLAKA
-Puncak HUT ke-64 Kabupaten Kolaka digelar hari ini
-Tema diangkat adalah Bersama Wujudkan Kabupaten Kolaka Bersih, Aman, Nyaman, Gemilang, dan Unggul
-Momentum meningkatkan sinergi dalam membangun daerah

PESAN PJ BUPATI
-Jangan berpuas diri dengan capaian kinerja
-Jalankan program kegiatan lebih efektif
-Kolaborasi semua untuk membangun Kolaka

BARU SEBULAN LEBIH MEMIMPIN
-Andi Makkawaru dilantik 17 Januari 2024
-Langsung gerak cepat membangun Kolaka
-Laksanakan arahan gubernur dan presiden
-Minta dukungan dan ajak semua pihak kolaborasi bangun daerah

SUMBER DATA: DIOLAH KENDARI POS

  • Bagikan