Mutasi Dilakukan Usai Job Fit

  • Bagikan
Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta
Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pejabat di lingkup Pemkab Muna akan berganti. Plt Bupati Muna, Bachrun Labuta, akan menggelar job fit untuk menempatkan pejabat sesuai dengan kompetensi yang dimiliki. Kata Bachrun, langkah ini juga untuk memberikan penyegaran dan kesempatan bagi aparatur sipil negara (ASN) untuk menempati posisi jabatan sesuai kemampuannya.

Bachrun Labuta menerangkan job fit pada eselon II dilakukan untuk memetakan potensi dan kompetensi bagi pejabat. Juga bagian dari evaluasi yang bertujuan menilai kesesuaian kompetensi pejabat eselon II agar sesuai penempatannya.

“Kita akan lakukan job fit pada eselon II. Pemkab masih memproses kelengkapan administrasi. Setelah itu, baru akan dilakukan mutasi,” kata Bachrun, kemarin.

Bachrun menambahkan, hasil dari job fit dapat menjadi dasar untuk melakukan penyegaran lingkup pejabat eselon II ke jabatan baru yang dinilai lebih sesuai. Selain itu, job fit ini untuk mengisi enam jabatan eselon dua yang kosong yakni Badan Perencanaan Pembangunan daerah (Bappeda), Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber daya manusia (BKPSDM), Asisten 1, Asisten II dan staf ahli.

“Nantinya, apabila enam jabatan itu sudah terisi, maka otomatis ada enam jabatan lagi yang kosong. Pada enam jabatan itu, pemkab akan lakukan lelang. Dipastikan, ada pejabat yang bergeser dari jabatannya saat ini, namun tergantung hasil penilaian,” tambahnya.

Diketahui, mutasi dan rotasi di Pemkab Muna, bukan saja dilakukan pada eselon II, namun juga pada eselon III, eselon IV, kepala sekolah dan kepala puskesmas. (deh/b)

  • Bagikan