Pj Wali Kota Panen Jagung Di Baruga

  • Bagikan
PANEN JAGUNG : Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup (tengah) bersama jajaran melaksanakan panen perdana jagung di Kawasan Baruga, kemarin. (AGUS SETIAWAN/KENDARI POS)
PANEN JAGUNG : Pj Wali Kota Kendari Muhammad Yusup (tengah) bersama jajaran melaksanakan panen perdana jagung di Kawasan Baruga, kemarin. (AGUS SETIAWAN/KENDARI POS)

--Ubah Lahan Tidur Jadi Kawasan Pertanian

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Lahan tidur di Kota Kendari cukup luas. Berdasarkan hasil pendataan penyuluh pertanian, sekitar 70 hektar lahan yang menganggur. Untuk itulah, Pemerintah Kota (Pemkot) Kendari gencar mengubah lahan tidur menjadi kawasan pertanian.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mengungkapkan pemanfaatan lahan tidur penting dalam rangka meningkatkan produksi hasil pertanian daerah.

“Masyarakat kami dorong untuk memanfaatkan lahan kosong untuk ditanami komoditi jangan pendek dan nantinya bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkapnya di sela-sela panen perdana jagung di Kelurahan Baruga, kemarin.

Pada kesempatan tersebut, Muhammad Yusup juga melaksanakan panen perdana jagung hasil demplot dengan salah satu perusahaan dan kelompok tani di Kelurahan Baruga. Panen jagung ini merupakan bagian dari program menjaga ketahanan pangan daerah dan pengendalian inflasi.

“Dua bulan lalu, kelompok tani binaan Pemkot Kendari melaksanakan penanaman jagung ungu dan jagung manis. Saat ini kita panen untuk memenuhi kebutuhan masyarakat,” ungkap Muhammad Yusup.

Senada, Kepala Dinas Pertanian Kota Kendari Sahuriyanto mengatakan, panen perdana jagung merupakan bagian dari upaya menjaga ketahan pangan daerah.

“Ini bagian dari program pemerintah terkait pemanfaatan lahan tidur. Jadi kita buat seluruh lahan tidur menjadi kawasan pertanian. Di Kelurahan Baruga terutama di lokasi kelompok Tani Lapas Idaman telah ditanami jagung kurang lebih satu hektar dan sudah di panen,” jelas Sahuriyanto.

Hasil panen jagung di Kelurahan Baruga sambungnya, langsung dipasarkan kepada masyarakat sekitar. Ia yakin, jagung varietas ungu dan jagung manis bisa memenuhi kebutuhan pangan masyarakat.

“Kami pastikan lahan tidur yang ada di Kota Kendari bisa ditanami dengan tanaman produktif jangka pendek. Kita tanam buah, sayuran, termasuk jagung untuk menjaga ketahanan pangan,” pungkasnya. (b/ags)

  • Bagikan