Muh Yusup Mencegah Potensi Banjir

  • Bagikan
Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup (kiri, pakai rompi) memberikan pengarahan kepada pejabat Pemkot terkait program mitigasi potensi bencana banjir melalui aksi bersih-bersih sampah di Teluk Kendari, Selasa (20/2/2024). (AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)
Pj Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup (kiri, pakai rompi) memberikan pengarahan kepada pejabat Pemkot terkait program mitigasi potensi bencana banjir melalui aksi bersih-bersih sampah di Teluk Kendari, Selasa (20/2/2024). (AGUS SETIAWAN / KENDARI POS)

--Pemkot Bersihkan Teluk Kendari dari Sampah

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari Muhammad Yusup tak ingin wilayahnya digenangi banjir di musim hujan ini. Pj Wali Kota Muh Yusup yang juga Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Provinsi Sultra sudah khatam soal mitigasi bencana hidrometeorologi. Untuk itu, Pj Wali Kota Muh Yusup bergerak dan menggencarkan aksi bersih sampah di Teluk Kendari.

Program tersebut dihadirkan untuk mereduksi potensi bencana akibat sampah yang menumpuk di teluk. Pj Wali Kota Muh Yusup mengungkapkan, aksi bersih sampah di Teluk Kendari merupakan kolaborasi antara BPBD Sultra dengan Pemkot Kendari dan stakeholder di Kota Kendari.

“Aksi bersih teluk ini juga kita laksanakan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) 2024. Ini wujud kepedulian kita terhadap kebersihan lingkungan,” ujar Pj Wali Kota Muh Yusup kepada Kendari Pos, usai menggelar aksi bersih sampah Teluk Kendari, Selasa (20/2/2024).

Mantan Pj Bupati Konawe Kepulauan (Konkep) itu tak menampik jika sampah plastik menjadi salah satu masalah di kawasan Teluk Kendari. Sampah plastik yang dibuang masyarakat di dalam teluk berpotensi menimbulkan pendangkalan dan berpotensi menimbulkan banjir ketika musim penghujan yang bersamaan dengan pasang air laut.

“Aksi bersih-bersih ini di fokuskan kepada sampah plastik karena kita ingin sampah itu tidak menjadi sumber bencana melainkan menjadi sesuatu yang bernilai ekonomi bagi masyarakat, manakala dikelolah dan diproduksi dengan baik,” kata Pj Wali Kota Muh Yusup.

Mantan Pj Bupati Buton Tengah (Buteng) itu menegaskan aksi bersih-bersih ini pusatkan di Teluk Kendari karena posisinya sebagai salah satu ikon Kota Kendari. Selain itu, di Teluk Kendari juga menjadi pusat atau hulu limbah masyarakat ketika musim hujan.

“Ketika musim hujan tiba, pasti sampah-sampah atau buangan-buangan masyarakat dari segala penjuru kota maupun dari daerah tetangga lain pasti terkumpul di sini, sehingga ini menjadi fokus dalam aksi bersih-bersih ini dan patut untuk dijaga kelestariannya,” tuturnya.

Pj Wali Kota Muh Yusup menyampaikan aksi bersih-bersih yang dilaksanakan ini bukan hanya sekedar seremonial semata dalam memperingati hari sampah, akan tetapi aksi ini harus dilaksanakan secara berkelanjutan agar Kota Kendari tetap bersih dan nyaman, sehingga apa yang menjadi cita-cita bersama tercipta yaitu Kendari yang aman, nyaman, dan bahagia.”Kedepannya saya harap kepada seluruh masyarakat Kota Kendari agar peduli terhadap kebersihan lingkungan di Teluk Kendari,” pungkasnya. (ags/b)

  • Bagikan