Belajar Jurnalistik

  • Bagikan
Kepala SMKN 4 Kendari, Dr. Herman (10 dari kanan), Pemred Kendari Pos, Inong Saputra (11 dari kanan) bersama guru dan siswa-siswi SMKN 4 Kendari dalam kegiatan road to school Kendari Pos, Selasa (30/1/2024). (MUH. ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)
Kepala SMKN 4 Kendari, Dr. Herman (10 dari kanan), Pemred Kendari Pos, Inong Saputra (11 dari kanan) bersama guru dan siswa-siswi SMKN 4 Kendari dalam kegiatan road to school Kendari Pos, Selasa (30/1/2024). (MUH. ABDI ASMAUL AMRIN / KENDARI POS)

--Road to School SMKN 4 Kendari

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Road to School ala Kendari Pos terus bergerak dari sekolah ke sekolah. Pekan ini, road to school Kendari Pos menyapa siswa SMKN 4 Kendari, Selasa (30/1/2024). Seratusan siswa menyimak paparan dari pemateri. Mereka antusias mendengarkan materi tentang jurnalistik dari Pemimpin Redaksi (Pemred) Kendari Pos, Inong Saputra dan redaktur/editor koran Harian Kendari Pos.

Materi jurnalistik menjadi pilihan Kendari Pos dalam road to school untuk menstimulasi dan menumbuhkan semangat literasi siswa. Kendari Pos menyadari kultur literasi masih sangat minim di kalangan generasi muda di era kemajuan teknologi informasi saat ini.

Pemred Kendari Pos, Inong Saputra mengatakan sebagai media mainstream Kendari Pos mengambil peran dalam menumbuhkan kembali minat literasi siswa. “SMKN 4 Kendari merupakan sekolah ke-5 pelaksanaan kegiatan road to school Kendari Pos. Kehadiran Kendari Pos untuk menumbuhkan kembali semangat literasi siswa-siswi di Sulawesi Tenggara (Sultra),” ujarnya saat memaparkan materi di hadapan siswa SMKN 4 Kendari.

Zaman sekarang ini kata dia, teknologi semakin canggih, sehingga memudahkan Genzi (Generasi Z) mengakses informasi dengan sangat cepat dari berbagai platform media, terutama media sosial melalui smartphone. “Untuk meningkatkan literasi siswa, Kendari Pos melakukan terobosan atau inovasi berupa konvergensi media dengan melahirkan beberapa platform media yakni kendaripos.fajar.co.id, kendarinews.com, ragamkendari.com, podcast Kendari Pos Channel, update news, dan koran elektronik (e-koran). Selain itu Kendari Pos juga punya media sosial,” kata Pemred, Inong.

Selain itu, Kendari Pos juga menyediakan wadah bagi siswa-siswi yang ingin membuat sebuah karya dalam bentuk tulisan. “Bagi siswa-siswi yang ingin menulis, Kendari Pos menyediakan media cetak dan media online. Kami membuka ruang bagi siswa-siswi yang akan mengekspresikan diri,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala SMKN 4 Kendari, Dr. Herman mengapresiasi kegiatan road to school Kendari Pos. Ia berharap melalui kegiatan ini siswa-siswi SMKN 4 Kendari mendapat banyak informasi terkait dunia penulisan dan ilmu jurnalistik. “Kami berharap melalui kegiatan ini siswa kami dalam memahami bagaimana kerja jurnalis dan ilmu jurnalistik. Sehingga dapat membuahkan minat literasi siswa kami,” ujarnya.

Dr. Herman menambahkan, road to school Kendari Pos sangat bermanfaat bagi siswa-siswi SMKN 4 Kendari. Selain mendapat pengetahuan, kegiatan ini bisa jadi menjadi pintu masuk bagi siswa yang punya minat dalam dunia jurnalis. “Kegiatan ini diikuti sekira 100 siswa dengan antusias dan semangat. Saya meminta siswa SMKN 4 Kendari memanfaatkan momen ini untuk mengenal kerja-kerja jurnalis dan ilmu jurnalistik. Dengan begitu, dapat menimbulkan literasi siswa,” pungkasnya. (win/b)

TUMBUHKAN LITERASI

JURNALISTIK
-Road to School ala Kendari Pos terus bergerak dari sekolah ke sekolah
-Pekan ini, road to school Kendari Pos menyapa siswa SMKN 4 Kendari
-Siswa mendapatkan materi tentang jurnalistik dari koran Harian Kendari Pos
-Seratusan siswa menyimak paparan dari pemateri

LITERASI MASIH MINIM
-Materi jurnalistik menjadi pilihan Kendari Pos dalam road to school
-Tujuannya untuk menstimulasi dan menumbuhkan semangat literasi siswa
-Kendari Pos menyadari kultur literasi masih sangat minim di kalangan generasi muda di era kemajuan teknologi informasi saat ini

MEWADAHI SISWA
-Zaman ini, generasi Z mengakses informasi dari berbagai platform media melalui smartphone
-Pada sisi lain, Kendari Pos melahirkan inovasi berupa konvergensi media
-Inovasi itu terdiri dari beberapa platform media massa
-Kendari Pos juga punya media sosial
-Kendari Pos juga menyediakan wadah bagi siswa-siswi yang ingin membuat sebuah karya dalam bentuk tulisan
-Kendari Pos membuka ruang bagi siswa yang akan mengekspresikan diri dalam menulis

GRAFIS DIOLAH KENDARI POS

  • Bagikan