Gerakan Tanam 20 Ribu Bibit Hortikultura

  • Bagikan

--Dorong Peningkatan Ketahanan Pangan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) terus berupaya mendorong ketahanan pangan. Sebagai langkah konkrit,

Dinas Perkebunan dan Hortikultura (Disbunhorti) Sultra membagi-bagikan ribuan bibit cabe dan tomat secara gratis. Tahun ini, pemerintah menargetkan bisa melakukan penanaman 20 ribu bibit tanaman hortikultura.

Kepala Disbunhorti Sultra, La Haruna mengatakan penanaman bibit cabai dan tomat difokuskan pada kelompok tani di beberapa kabupaten kota di Sultra. Langkah ini bagian dari upaya menjaga dan meningkatkan ketahanan pangan. Penanaman ini juga sebagai cara efektif menekan laju inflasi.

"Tahun ini, kita berencana untuk meningkatkan penanaman sekitar 20 ribu bibit cabai dan tomat ke beberapa kelompok tani di Sultra. Selain itu, kami akan memberikan bimbingan kepada mereka," ujar La Haruna kepada Kendari Pos, Senin (15/1).

Program ini dianggap sebagai kontribusi positif untuk menjaga pasokan cabai dan tomat di wilayah Sultra. Hal ini sekaligus sebagai upaya nyata untuk memperkuat sektor pertanian dan menyediakan pasokan yang stabil untuk masyarakat.

"Belum lama ini, kami juga telah mengadakan kegiatan penanaman 2 juta bibit hortikultura cabai dan sayur mayur bersama Diknas. Ini menjadi salah satu upaya kita untuk menahan laju inflasi melalui pengembangan tanaman hortikultura di berbagai kabupaten kota,"ujarnya.

Penanaman bibit cabai dan tomat juga dianggap sebagai strategi penting untuk mencapai ketahanan pangan di tengah lonjakan harga komoditas. "Dengan adanya langkah ini, diharapkan masyarakat Sultra dapat menghadapi tantangan ketahanan pangan dengan lebih baik dan ekonomi pertanian di wilayah Sultra semakin kokoh selama tahun 2024," harapnya. (c/rah)

  • Bagikan