Fasilitas Wisata Bokori Bakal Direhab

  • Bagikan
Kepala Dinas Pariwisata Sultra Belli Tombili
Kepala Dinas Pariwisata Sultra Belli Tombili

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID --Pulau Bokori menjadi objek wisata favorit. Tidak lokasi yang dekat dengan Kota Kendari, objek wisata ini menawarkan pesona pasir putih dan eksotisme pantai. Jangan heran, Pulau Bokori kerap ramai “diserbu” pengunjung di hari libur. Untuk memberi kenyamanan pada wisatawan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sulawesi Tenggara (Sultra) akan membenahi sejumlah fasilitas di Pulau Bokori.

Kepala Dinas Pariwisata (Dispar) Sultra Belli Tombili mengatakan tidak hanya fokus meningkatkan kunjungan wisatawan di wilayah Bumi Anoa. Pemerintah terus melakukan rehabilitasi pada sejumlah sarana prasarana objek wisata. Salah satunya kawasan wisata yang akan ditangani tahun ini yakni Pulau Bokori.

“Setelah berjalan sekian lama tanpa adanya perbaikan, tahun ini Dispar telah meminta kepada Dinas Cipta Karya untuk melakukan rehabilitasi kawasan tersebut. Anggaran pembiayaannya telah dialokasikan di APBD tahun 2024. Dana rehabilitasi sekitar Rp 1 miliar,” ujar Belli Tombili kemarin.

Dijelaskan, rehabilitasi ini mencakup penataan kembali bangunan-bangunan dan infrastruktur pendukung lainnya di kawasan Bokori. “Langkah ini diambil guna memastikan bahwa kawasan tersebut tidak hanya lebih baik secara visual tetapi juga menarik bagi para pengunjung,”ujarnya.

Saat ini, pihaknya berupaya untuk menjadikan Bokori lebih atraktif sebagai destinasi wisata. Selain terfokus pada perbaikan fisik, Dispar Sultra juga secara aktif telah melibatkan komunitas lokal dalam upaya promosi seluruh destinasi wisata di Sultra.

“Kita berharap melalui rehabilitasi kawasan Bokori dapat menciptakan pengalaman wisata yang lebih memuaskan. Langkah ini juga diharapkan akan memberikan dampak positif terhadap pertumbuhan sektor pariwisata,” pungkasnya. (c/rah)

  • Bagikan