Harga Pangan Terjangkau, Inflasi Terkendali

  • Bagikan
Muhammad Yusup
Muhammad Yusup

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Inflasi di Kota Kendari kian bisa dikendalikan. Dalam beberapa bulan terakhir, angkanya terus mengalami penurun. Di penghujung tahun 2023 atau Desember tercatat 2,61 persen atau turun 0,21 persen dibanding November.

Penjabat (Pj) Wali Kota Kendari, Muhammad Yusup mengaku puas atas hasil kerja keras jajarannya yang tergabung dalam Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID). Menurutnya, pihaknya telah berhasil menekan laju inflasi secara bertahap.

"Saat ini angka inflasi kita sama dengan angka nasional yakni 2,61 persen atau masih dalam kategori terkendali," ujarnya kemarin.

Kepala BPBD Sultra ini menambahkan, harga bahan pangan yang bisa dijangkau masyarakat serta ketersediaan stok bahan pangan yang melimpah menjadi salah satu indikator inflasi kota Kendari bisa terkendali.

"Harga bahan pangan di Kendari bisa dijangkau. Jika ada beberapa bahan sembako naik, pemerintah langsung intervensi. Kita lakukan sidak atau bisa juga operasi pasar. Bahkan kita gelar pasar murah. Kami pastikan masyarakat tidak kesulitan memperoleh bahan pangan. Bahan pangan harga ekonomis tapi kualitas tetap yang terbaik," kata Muhammad Yusup.

Pada kesempatan yang sama, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Kota Kendari, Abdul Rauf mengungkapkan, terkendalinya inflasi di Kota Kendari tak lepas dari peran Pj Wali Kota Kendari yang senantiasa melakukan monitoring terhadap ketersediaan bahan pangan ditengah masyarakat.

"Stok bahan pangan dan daya beli masyarakat dipantau secara real time. Jika ada harga bahan pangan yang bergejolak maka pemerintah langsung turun mengintervensi. Apakah dilakukan pengawasan atau digelar pasar murah," ungkap Abdul Rauf.

Mantan Kepala Dinas Sosial Kota Kendari ini menambahkan, terkendalinya Inflasi di Kota Kendari pada periode Desember 2023 tak lepas dari peran pemerintah yang masif melaksanakan pasar murah.

"Kita gelar pasar murah terutama menjelang Hari Raya Natal dan Tahun Baru (Nataru). Beberapa komoditi dipasarkan seperti Beras, Minyak Goreng, Telur, Gula Pasir, dan komoditi pangan lainnya. Harganya juga terjangkau. Beras hanya Rp 53 ribu/5 kg, minyak goreng Rp 14 ribu/liter, dan Telur Rp 55 ribu/rak," pungkasnya. (b/ags)

  • Bagikan