Jokowi Minta Pemda Realisasikan Belanja Sejak Awal Tahun

  • Bagikan
Presiden Jokowi

--Termasuk Kementerian dan Lembaga

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Presiden Joko Widodo (Jokowi) meminta kepada seluruh pemerintah daerah (pemda), termasuk Kementerian-Lembaga (K/L) untuk merealisasikan anggaran belanja sejak awal tahun. Presiden Jokowi mengatakan bahwa sampai dengan saat ini realisasi anggaran pemerintah pusat baru mencapai 74 persen, sedangkan pemerintah daerah sebesar 64 persen.

“Sejak awal 9 tahun yang lalu sayarah sebesar 64 persen.“Sejak awal 9 tahun yang lalu saya ingin mengubah ini, tapi ternyata saya cek lagi masih memang mengubah cara kerja, mengubah mindset enggak mudah. Sekali lagi, eksekusi sesegera mungkin, lakukan belanja sesegera mungkin,” ujar Presiden Jokowi, saat menyerahkan anggaran Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran (DIPA) dan Buku Daftar Alokasi Transfer ke Daerah (TKD) 2024, kemarin.

Presiden Jokowi juga menginstruksikan jajarannya untuk mengantisipasi ketidakpastian yang terjadi melalui automatic adjustment. Dia pun mengingatkan bahwa anggaran yang dibelanjakan merupakan uang rakyat sehingga orientasinya harus fokus pada hasil.

“Prosedur itu wajib tapi orientasinya jangan prosedur, orientasinya hasil, fokusnya pada hasil dan yang paling penting juga bermanfaat maksimal bagi rakyat,” ujar Presiden Jokowi.

Selanjutnya, Presiden Jokowi menekankan pentingnya penguatan sinergi dan harmonisasi pemerintah daerah dengan kebijakan pemerintah pusat. Presiden menyebut, hal tersebut penting dilakukan agar pembangunan berjalan dengan lebih selaras.

“Sudah bikin jalan tol mestinya pemerintah provinsi, kabupaten dan kota itu menyambungkan dengan ka- wasan industri, kawasan wisata, ka- wasan pertanian, kawasan perkebunan, tidak dilakukan. Ini yang perlu saya tekankan sekali lagi sinergi dan harmoniasasi biar in line semuanya,” tutur Presiden Jokowi.

Lebih lanjut, Presiden Jokowi menginstuksikan jajarannya memanfaatkan dana transfer daerah untuk perbaikan layanan publik, pendidikan, kesehatan. Selain itu, Presiden juga mendorong alternatif-alternatif inovasi pembiayaan agar iklim investasi tetap terjaga.

“2024 adalah tahun terakhir pemerin- tahan periode ini sehingga saya pesan agar anggaran dioptimalkan, tuntaskan agenda pembangunan yang belum sele- sai, yang sudah direncanakan tetapi be- lum bisa, tuntaskan, untuk memperkuat fondasi bagi pemerintah yang akan da- tang,” tandas Presiden Jokowi. (jpg)

  • Bagikan