Pemkab Minta Usulan Nama Jalan

  • Bagikan
IDENTITAS JALAN : Suasana Rakor pengusulan nama-nama jalan di wilayah Kabupaten Konawe Selatan yang dihadiri sejumlah stakeholder terkait. (I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)
IDENTITAS JALAN : Suasana Rakor pengusulan nama-nama jalan di wilayah Kabupaten Konawe Selatan yang dihadiri sejumlah stakeholder terkait. (I NGURAH PANDI SANTOSA/KENDARI POS)

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID - Sejumlah ruas jalan di wilayah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) membutuhkan label nama. Pemerintah Kabupaten (Pemkab) sudah mengumpul sejumlah camat untuk mendengar usulan masing-masing. Melalui Dinas Perhubungan (Dishub) digelar rapat koordinasi (Rakor) terkait pengusulan nama-nama jalan tersebut.

Sekretaris Dinas (Sekdis) Perhubungan Konsel, Saifuddin Suhri, mengatakan pertemuan itu untuk menyamakan persepsi antar pihak terkait.

“Kita menyamakan sikap dari para camat terkait pengusulan nama jalan dan lorong. Yang belum diberi nama, atau sebaliknya sudah memiliki label, apakah perlu diganti atau tidak,” ungkapnya, Rabu (29/11). Saifuddin Suhri menjelaskan, pemberian identitas jalan tetap berpedoman pada nama tokoh pahlawan, tokoh pemekaran kabupaten, tokoh wanita dan pemuda setempat.

“Pada intinya jalan-jalan poros yang belum memiliki nama, kami usulkan kepada para camat untuk memedomani pemberian label pahlawan atau tokoh di wilayah masing-masing,” pesannya. Ia juga mengimbau agar nama jalan yang telah ada agar tetap dipertahankan. Hal itu untuk menghindari terjadinya kekeliruan. Untuk memercepat dan memermudah agenda tersebut, pihaknya telah membentuk tim yang terdiri dari unsur Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Pemuda dan Olahraga, Bagian Hukum serta Dinas PUTR.

“Setelah nama-nama jalan yang diusulkan kami terima, barulah akan di-SK-kan oleh bupati yang kemudian dibuatkan Perda terkait nama jalan tersebut,” terangnya dalam diskusi yang turut dihadiri jajaran Pejabat Dishub Konsel, Kanit Turjagwali (Pengaturan, Pengawalan dan Patroli) Ipda Abdul Waris, Perwakilan Dinas PUTR, Bagian Hukum, serta Camat se-Konsel tersebut.

Untuk memantapkan nama-nama jalan yang telah diusulkan, Kanit Turjagwali Polres Konsel, Ipda Abdul Waris, meminta pihak camat untuk kembali melakukan rapat bersama tokoh dan masyarakat di wilayah masing-masing. “Langkah itu agar tidak terjadi lagi riak-riak atau hal-hal yang tidak diinginkan terkait pemberian nama jalan tersebut,” sarannya.

Pemberian nama jalan sangat penting, sebab hal itu juga akan mempermudah kinerja Satuan Lalulintas dalam melakukan patroli di masing-masing wilayah. “Jika tak ada nama jalan, maka kami akan kesulitan memberikan alamat TKP jika terjadi Lakalantas. Olehnya itu melalui Rakor ini semoga secepatnya nama-nama jalan segera diusulkan dan ditetapkan,” pintanya. (c/ndi)

  • Bagikan