Satu Komando Tekan Inflasi

  • Bagikan
HARI PANGAN SEDUNIA : Sekprov Sultra Asrun Lio (depan, dua dari kiri) bersama sejumlah pejabat pada pembukaan GPM pada peringatan HPS tahun 2023 kemarin. (RAHMA SAFITRI/KENDARI POS)
HARI PANGAN SEDUNIA : Sekprov Sultra Asrun Lio (depan, dua dari kiri) bersama sejumlah pejabat pada pembukaan GPM pada peringatan HPS tahun 2023 kemarin. (RAHMA SAFITRI/KENDARI POS)

-Sambut HPS, Pemprov Helat GPM

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- Hari Pangan Sedunia (HPS) jatuh tanggal 16 Oktober (kemarin). Di Sulawesi Tenggara (Sultra), momentum HPS difokuskan pada pemenuhan kebutuhan pokok bagi masyarakat melalui Gerakan Pangan Murah (GPM). Tidak hanya sebagai respon terhadap kenaikan harga beras, namun juga upaya pengendalian inflasi.

Sekretaris Provinsi (Sekprov) Sultra H. Asrun Lio mengatakan telah bekerja sama dengan pemda se-Sultra memastikan ketersediaan pangan. Untuk itulah, pihaknya menggandeng instansi terkait, badan usaha milik negara (BUMN) serta distributor. Salah satunya melalui GPM di pelataran Gelanggang Olahraga (GOR) Apriyani.

"Gerakan ini dilaksanakan di 17 kabupaten/kota dalam rangka Peringatan HPS Tahun 2023. Ini juga bagian dari paya Pemprov Sultra dalam menekan angka inflasi di wilayah ini,' ujarnya kemarin.

Berbagai komoditas pangan dijual di GPM, Mulai beras, minyak goreng, tepung terigu, telur ayam ras, jagung, bawang merah bawang putih dan kebutuhan pokok lainya dijual dengan harga murah.

Yang menarik, Pemprov Sultra diminta untuk menyampaikan capaian penanganan inflasi, kondisi el nino dan pelaksanaan GPM bersama empat provinsi lainnya. Ini tentu suatu kebanggaan, Sultra dipercaya berbicara di forum nasional.

Pelaksanaan GPM bagi Pemprov Sultra bukan merupakan yang pertama, namun sudah dilaksanakan sejak awal tahun 2023 hingga minggu kedua Oktober ini. Totalnya sudah 34 kali. Dalam upaya pengendalian harga, setiap pekan Pemprov Sultra rutin melaksanakan GPM hingga Desember mendatang.

Ia mengimbau masyarakat agar tak perlu panik dalam berbelanja. Karena stok Sultra untuk beras masih sangat aman tersedia. "Bagi masyarakat Sultra, belanjalah seperlunya. Tak perlu khawatir, karena stok Sultra masih akan aman hingga beberapa bulan kedepan,"ungkapnya.

Semenntara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan Provinsi Sultra, Ari Sismanto mengatakan HPS ke 43 tahun ini digelar dengan melaksanakan GPM serentak secara nasional di 38 provinsi dan beberapa kabupaten.

"Khusus Sultra, Pemprov bersama Pemkot melaksanakan di GOR Apriani, kemudian dilaksanakan juga di 17 kabupaten dan kota secara serempak,"kata Ari Sismato. (c/rah)

  • Bagikan