Menjaga Ideologi Bangsa Tetap Kokoh

  • Bagikan
Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto (BIRO ADPIM PEMPROV SULTRA)
Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto (BIRO ADPIM PEMPROV SULTRA)

--Pj Gubernur : Tanamkan Nilai Luhur Pancasila dalam Kehidupan

KENDARIPOS.FAJAR.CO.ID -- 58 tahun silam, ideologi negara dan bangsa Indonesia pernah dirongrong sekelompok gerombolan dalam Gerakan 30 September (G30S). Gerakan yang didalangi PKI pada tahun 1965 itu tak mampu menggantikan ideologi Pancasila. 10 pahlawan revolusi gugur sebagai perisai dan Pancasila tetap sakti hingga kini. Seluruh elemen bangsa Indonesia hingga di Sultra menjaga ideologi bangsa tetap kokoh.

Secara nasional, tema yang diangkat adalah Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju. 1 Oktober 2023 kemarin, Pemprov Sultra menggelar upacara Hari Kesaktian Pancasila. Sekda Sultra, Asrun Lio tampil sebagai inspektur upacara mewakili Penjabat (Pj) Gubernur Sultra, Komjen Pol (Purn) Andap Budhi Revianto di pelataran kantor Gubernur Sultra, Minggu (1/10/2023).

Pj Gubernur Sultra, Andap Budhi Revianto menyampaikan pesan mendalam kepada seluruh masyarakat Sultra tentang pentingnya memaknai Hari Kesaktian Pancasila.

Pj Gubernur Andap mengatakan seluruh generasi pemersatu bangsa, patut menghargai jasa-jasa para pahlawan dengan menanamkan nilai-nilai luhur Pancasila pada kehidupan sehari-hari. “Mengingat para pahlawan kusuma bangsa telah berhasil menjaga dasar negara dan ideologi bangsa Indonesia,” ujarnya kepada Kendari Pos, Minggu (1/10), kemarin.

Pahlawan yang gugur sebagai kusuma bangsa telah berhasil menjaga dasar negara dan ideologi Bangsa Indonesia yakni Pancasila. Kini giliran seluruh generasi penerus bangsa saat ini untuk menjaga Pancasila dengan rasa tanggung jawab dan sepenuh hati di tengah dinamika perkembangan lingkungan yang strategis. “Sekaligus mengamalkan nilai nilai Pancasila dalam kehidupan nyata sehari-hari,” tutur Pj Gubernur Andap.

Dinamika perjalanan sejarah bangsa harus terus diingat seluruh generasi penerus bangsa. “Mari kita satukan komitmen, berkarya untuk Indonesia maju dengan mengokohkan ideologi Pancasila dalam setiap langkah. Jika nilai-nilai luhur Pancasila benar benar diimplementasikan dalam kehidupan, maka rakyat dan bangsa Indonesia secara umum dan Sultra secara khusus akan maju, damai, aman, dan sejahtera. Tetap kokoh dalam bingkai NKRI,” tutup Pj Gubernur Andap. (rah/c)

  • Bagikan